Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Info Pelabuhan Balohan Sabang, Tiket, dan Jadwal Kapal

Kompas.com - 11/07/2023, 21:27 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pelabuhan Balohan atau juga dikenal dengan Pelabuhan Sabang tentu sudah tak asing lagi bagi warga Aceh. Pelabuhan ini merupakan askses utama warga dari Pulau Sabang yang akan bepergian ke Banda Aceh atau sebaliknya.

Mengutip laman resmi Dishub Aceh, Pelabuhan Balohan menjadi akses satu-satunya jalur laut dari Pulau Sabang di ujung Barat Indonesia menuju ke Kota Banda Aceh melalui Pelabuhan Ulee Lheue.

Transportasi penyeberangan pada lintasan Pelabuhan Balohan Sabang menuju ke Ulee Lheue ini dilayani oleh dua jenis angkutan penyeberangan, yakni Kapal Motor Express dan Kapal Ferry.

Untuk kapal motor express di Penyeberangan Sabang, masyarakat Aceh lebih mengenalnya dengan sebutan kapal cepat. Armada kapal cepat di Pelabuhan Balohan Sabang dioperasikan oleh dua perusahaan swasta.

Baca juga: Profil Pelabuhan Kijing, Pelabuhan Terbesar di Kalimantan

Kedua perusahaan angkutan penyeberangan itu adalah pemilik dari KM Express Bahari dan MV Putri Anggreni. Kapal cepat ini memiliki waktu tempuh dari Pelabuhan Sabang ke Banda Aceh atau sebaliknya sekitar 45 menit.

Untuk kapal cepat, kedua operator transportasi penyeberangan tersebut hanya melayani penumpang saja. Artinya, kapal tersebut tidak bisa mengangkut kendaraan seperti sepeda motor dan mobil.

Sedangkan Kapal Ferry Penyeberangan Sabang, masyarakat lebih akrab menyebutnya dengan sebutan kapal lambat. Kapal ferry di Pelabuhan Balohan dioperasikan oleh PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Banda Aceh.

Perusahaan BUMN ini mengoperasikan 2 armada penyeberangan, yaitu KMP BRR dan KMP Aceh Hebat 2, yang melayani angkutan penumpang dan kendaraan dengan waktu tempuh lebih lama dibandingkan kapal ekspress yakni sekitar 1,5 jam.

Baca juga: Info Pelabuhan Gresik Bawean, Tiket, dan Jadwal Kapal

KMP Aceh Hebat 2 yang berkapasitas 1186 GT tersebut baru hadir pada akhir Tahun 2020. Kapal ini lebih besar dari KMP BRR yang sedang beroperasi saat ini, sekaligus menjadi penyemangat sektor pariwisata Sabang.

Kedua kapal ferry tersebut diproyeksikan untuk memperlancar transportasi penyeberangan dari Pelabuhan Ulee Lheue menuju ke Pelabuhan Balohan Sabang yang sebelumnya kerap terkendala karena keterbatasan kapasitas kapal pada musim liburan.

Jadwal Kapal Pelabuhan Balohan

Pelabuhan Balohan Sabang ke Ule Lheue Banda Aceh

Berikut ini jadwal kapal dari Pelabuhan Balohan Sabang menuju ke Ule Lheue Banda Aceh.

1. Hari Senin-Kamis

  • Pukul 08.00 WIB: KMP Aceh Hebat 2
  • Pukul 12.00 WIB: KMP BRR
  • Pukul 16.00 WIB: KMP Aceh Hebat 2

2. Hari Jumat

  • Pukul 07.30 WIB: KMP Aceh Hebat 2
  • Pukul 10.30 WIB: KMP BRR
  • Pukul 16.00 WIB: KMP Aceh Hebat 2

3. Hari Sabtu

  • Pukul 13.30 WIB: KMP BRR

4. Hari Minggu

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com