BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan BRI

Tak Perlu Repot Bawa Dompet, Belanja Makin Simpel Memanfaatkan Transaksi Digital

Kompas.com - 24/07/2023, 21:38 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi yang kian canggih membuat seluruh aktivitas masyarakat jadi semakin mudah, termasuk dalam hal berbelanja.

Bila dahulu seseorang harus datang ke pusat perbelanjaan untuk mencari kebutuhannya, tidak dengan sekarang. Cukup membuka smartphone dan melakukan beberapa kali klik, belanjaan pun bisa ditunggu di rumah.

Hal tersebut pun turut mendongkrak transaksi digital di Indonesia. Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), pengguna transaksi digital pada 2022 mencapai 21 juta orang.

Nilai transaksi digital juga mengalami pertumbuhan positif menurut data yang sama. Pada November 2022, nilai transaksi uang elektronik tumbuh 12,84 persen year on year (yoy). Nilai transaksi digital banking pun turut meningkat, yakni tumbuh 13,88 persen yoy. 

Baca juga: Lewat Pesta Rakyat Simpedes, BRI Ajak UMKM “Pede Raih Peluang”

Perlu diketahui, transaksi digital kian digandrungi lantaran memberikan kemudahan pada masyarakat dalam bertransaksi tanpa dompet. 

Pengguna hanya perlu memindai kode quick response (QR) melalui aplikasi dompet digital atau mobile banking yang dapat diunduh di ponsel pintar, lalu belanjaan sudah bisa dibawa pulang.

Selain itu, kehadiran platform pembayaran digital juga membuat proses transaksi jadi lebih cepat. Sebab, pembeli tidak perlu repot-repot menyiapkan atau mengambil uang tunai dari ATM. Demikian pula dari sisi penjual yang tak perlu repot menyiapkan uang kembalian.

Merespons tren penggunaan transaksi digital yang terus meningkat, pihak perbankan pun berinovasi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam bertransaksi digital. Salah satunya adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI melalui aplikasi mobile banking BRImo.

Baca juga: Kembali Hadir, BRI Bangkitkan Semangat Ekonomi Lokal lewat Pesta Rakyat Simpedes 2023 di Kota Bandung

Produk digital banking tersebut memiliki beragam fitur untuk menjawab kebutuhan masyarakat masa kini.

Sebagai informasi, ragam fitur yang dihadirkan BRI pada aplikasi BRImo ditujukan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi kepada masyarakat.

Adapun fitur tersebut meliputi Buka Rekening dari BRImo, Setor dan Tarik Tunai Tanpa Kartu, & Personal Financial Management. 

Fast Menu merupakan salah satu fitur yang mengutamakan kecepatan serta keamanan bagi pengguna dalam bertransaksi harian tanpa harus login. Kehadiran fitur Fast Menu pada aplikasi BRImo dapat mengubah cara pengguna dalam melakukan transaksi sehari-hari.Dok. BRI Fast Menu merupakan salah satu fitur yang mengutamakan kecepatan serta keamanan bagi pengguna dalam bertransaksi harian tanpa harus login. Kehadiran fitur Fast Menu pada aplikasi BRImo dapat mengubah cara pengguna dalam melakukan transaksi sehari-hari.

Inovasi BRImo hadirkan Fast Menu

Selain seluruh fitur tersebut, BRI juga berinovasi dengan melengkapi aplikasi BRImo dengan fitur andal, yakni Fast Menu.  

Baca juga: Pengusaha Asal Makassar Panggil Teller Bank ke Rumah untuk Hitung Tumpukan Uang, Ini Kata BRI

Untuk diketahui, Fast Menu merupakan salah satu fitur yang mengutamakan kecepatan serta keamanan bagi pengguna dalam bertransaksi harian tanpa harus login. Kehadiran fitur Fast Menu pada aplikasi BRImo dapat mengubah cara pengguna dalam melakukan transaksi sehari-hari.

Namun, pengguna perlu melakukan beberapa langkah sebelum bertransaksi pada fitur tersebut. Berkat fitur ini, nasabah BRI kini dapat bertransaksi secara lebih praktis dan mudah karena tidak perlu login terlebih dahulu.

Lewat fitur tersebut, tahapan transaksi yang sebelumnya terasa panjang dibuat sesingkat mungkin. Hal ini diwujudkan dengan menempatkan menu-menu yang sering digunakan nasabah di halaman depan aplikasi BRImo. Menu yang ditampilkan pun bisa diatur sendiri oleh pengguna.

Cara mengakses fitur Fast Menu sendiri terbilang mudah. Namun, sebelum menggunakan fitur ini, pastikan Anda sudah terdaftar sebagai nasabah BRI agar dapat menggunakan aplikasi BRImo.

Baca juga: BRI Insurance Bakal Perluas Segmen Asuransi untuk Agunan Pinjaman

Setelah terdaftar, Anda bisa membuka aplikasi BRImo. Kemudian, login menggunakan username dan password yang sudah diatur saat melakukan pendaftaran melalui aplikasi BRImo.

Selain itu, Anda juga bisa login ke aplikasi BRImo dengan fingerprint ataupun face id jika ponsel yang digunakan sudah mendukung fitur biometrik. Fitur biometrik di aplikasi BRImo membuat proses login lebih aman, sekalipun dilakukan di tempat umum.

Setelah login, layar home segera muncul di laman aplikasi BRImo. Pada laman tersebut, terdapat sejumlah menu utama.

Selanjutnya, Anda akan menemukan deretan Fast Menu yang dapat segera digunakan untuk bertransaksi secara digital. Lewat fitur ini, Anda bebas mengatur enam menu favorit yang kerap digunakan untuk transaksi sehari-hari.

Baca juga: BRI Insurance Kejar Target Premi Rp 3,2 Triliun

Sebagai contoh, Anda memasukkan menu Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), top-up BRIZZI, isi saldo dompet digital, top-up pulsa ataupun paket data, isi pulsa, transfer rekening, serta membayar tagihan, dalam fitur Fast Menu

Dari segi keamanan, fitur tersebut pun terjamin karena tetap memerlukan proses verifikasi personal identification number (PIN) setiap kali digunakan untuk bertransaksi/double layer sertification.

Dengan fitur tersebut, Anda dapat bertransaksi dengan lebih cepat, khususnya dalam kondisi mendesak.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasi BRImo di Play Store, App Store atau Huawei Appgallery untuk merasakan kemudahan transaksi melalui aplikasi BRImo.

Untuk informasi lebih lengkap seputar aplikasi BRImo, klik tautan berikut


Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com