Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Demi Transaksi Keuangan yang Mudah, Otorita IKN Jalin Kerja Sama dengan Bank Mandiri

Kompas.com - 09/08/2023, 14:40 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - PT Bank Mandiri Tbk terus konsisten menghadirkan solusi layanan finansial yang memudahkan transaksi keuangan, tidak hanya untuk masyarakat ritel, tetapi juga lembaga/institusi.

Terbaru, Bank Mandiri menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) terkait Pemanfaatan Jasa Perbankan. Lingkup kerja sama meliputi pengelolaan dana hingga pemanfaatan produk dan layanan jasa perbankan Bank Mandiri.

MoU yang telah ditandatangani merupakan landasan awal untuk penyusunan perjanjian kerja sama lebih lanjut, seperti pembayaran payroll, perbitan kartu kredit pemerintah, kerja sama e-moneyco-branding kartu identitas pegawai Otorita IKN.

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, sebagai bagian dari lembaga keuangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Bank Mandiri ingin terlibat dalam pembangunan IKN.

Baca juga: Kala Bank Mandiri Sampai Hentikan Kredit ke Karyawan Waskita

"Bank Mandiri ingin membantu penyediaan layanan perbankan berbasis digital agar berbagai transaksi keuangan dapat dilakukan sesuai kebutuhan Otorita IKN," tutur Rohan melalui keterangan persnya, Rabu (9/8/2023).

Ia berharap, sinergi antara Bank Mandiri dan Otorita IKN dapat menjadi awal kolaborasi yang baik bagi kedua belah pihak.

"Bank Mandiri hadir memberikan layanan prima guna mendukung kebutuhan layanan perbankan, tidak hanya untuk Otorita IKN sebagai lembaga negara, tetapi juga untuk seluruh pegawai Otorita IKN,” ujar Rohan.

Kerja sama kartu kredit pemerintah

Pada kesempatan itu, Bank Mandiri dan Otorita IKN juga menandatangani perjanjian kerja sama penerbitan kartu kredit pemerintah yang merupakan mandat dari Peraturan Kementerian Keuangan Nomor 210/PMK.05/2022 tentang Tata Cara Pembayaran dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Baca juga: Simak Rincian Kurs Rupiah Hari Ini di BNI hingga Bank Mandiri

Rohan menjelaskan, kerja sama penerbitan kartu kredit pemerintah merupakan salah satu cara Bank Mandiri mendukung cashless society.

"IKN punya potensi bisnis yang cukup luas, sehingga bisa membuka skema kerja sama tidak hanya dengan Bank Mandiri, tetapi juga perusahaan anak Bank Mandiri," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Utama Otorita IKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya mengatakan, pihaknya berharap MoU tersebut dapat memayungi beberapa kepentingan bagi kedua belah pihak.

"Bank Mandiri dapat bersinergi dengan Otorita IKN mewujudkan IKN sebagai simbol dan identitas bangsa, green economy and energy, serta smart transportation. Bisa juga (membantu) tata kelola pemerintahan yang efisien dan efektif sebagai transformasi besar Indonesia," paparnya.

Baca juga: Saldo Minimal Tabungan Bank Mandiri, BCA, BNI, BRI, dan BTN

Menurutnya, Bank Mandiri adalah salah satu mitra yang dapat memenuhi kebutuhan di IKN. Sebab, sistem perbankan Bank Mandiri memiliki kemampuan yang mumpuni dan tepercaya.

"Kami yakin bahwa sistem perbankan yang dimiliki Bank Mandiri bisa membantu pengelolaan lebih efisien, transparan, dan akuntabel," tutur Jaka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com