Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: 36 Negara Terlilit Utang Imbas Pandemi, RI Berhasil Pulih

Kompas.com - 16/08/2023, 16:20 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil menangani krisis pandemi Covid-19 dari sisi kesehatan maupun ekonomi. Sebab, ada banyak negara di dunia yang ekonominya masih terus terpuruk.

Ia menuturkan, dalam tiga tahun terakhir, dunia dihadapkan pada guncangan hebat pandemi Covid-19 yang menelan korban 6,9 juta manusia. Krisis pandemi telah menggerus perekonomian global sekitar 2 triliun dollar AS.

"Ini memaksa seluruh negara menggunakan instrumen kebijakan fiskal, moneter, dan keuangan secara luar biasa. Tidak semua negara berhasil mengatasi krisis ini," ujarnya dalam Pidato Pengantar RAPBN Tahun Anggaran 2024 beserta Nota Keuangannya di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Baca juga: Jokowi Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Capai 5,2 Persen di 2024

Jokowi bilang, banyak negara yang justru terlilit utang imbas pandemi Covid-19. Berdasarkan data Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) per Juni 2023, ada 36 negara yang berada dalam tekanan ekonomi akibat beban utang yang meningkat.

Ia pun mengaku bersyukur karena Indonesia berhasil mengatasi tantangan besar akibat pandemi tersebut dengan hasil yang baik. Bahkan, RI menjadi salah satu negara yang berhasil menangani krisis kesehatan dengan cepat dan baik.

"Indonesia merupakan salah satu dari sedikit negara dengan pemulihan ekonomi yang cepat, konsisten, dan inklusif," kata dia.

Kondisi Indonesia yang berangsur pulih tercermin dari kinerja pertumbuhan ekonomi selama 7 kuartal terakhir, sejak akhir 2021, secara konsisten berada di atas 5 persen.

Baca juga: Jokowi: AI Akan Mendominasi Perekonomian Dunia

Tingkat pengangguran juga berhasil diturunkan dari 6,26 persen pada Februari 2021 menjadi 5,45 persen pada Februari 2023.

Sementara tingkat kemiskinan juga terus menurun menjadi 9,36 persen pada Maret 2023, dari puncaknya di masa pandemi 10,19 persen pada September 2021.

Begitu juga dengan kemiskinan ekstrem yang turun dari 2,04 persen pada Maret 2022 menjadi 1,12 persen pada Maret 2023.

"Pemulihan ekonomi yang cepat dan kuat telah membawa Indonesia naik kelas, masuk kembali ke dalam kelompok negara berpendapatan menengah atas (upper middle income countries) di tahun 2022," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi: Kesempatan Indonesia Lepas dari Middle Trap Income Tidak Terbuka Selamanya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com