Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Meningkatkan Literasi Keuangan hingga ke Wilayah Pesisir Jawa Barat

Kompas.com - 24/10/2023, 11:52 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menetapkan target peningkatan literasi keuangan melebihi 50 persen pada akhir 2023.

Berdasarkan data dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022, indeks literasi keuangan nasional pada tahun 2022 mencapai 49,68 persen, menunjukkan peningkatan sebesar 9,11 persen dibandingkan dengan tahun 2019 yang sebelumnya mencapai 38,03 persen.

Sebagai upaya untuk mendorong literasi keuangan, PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) bagian dari Holding Danareksa berkomitmen meningkatkan literasi keuangan melalui penyelenggaraan sosialisasi mengenai dasar-dasar layanan perbankan kepada masyarakat di pesisir Pantai Bahagia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Acara ini merupakan langkah penting dalam merayakan Bulan Inklusi Keuangan 2023 yang berlangsung sepanjang bulan Oktober.

Baca juga: Bank DKI Dukung Upaya OJK Tingkatkan Literasi Keuangan Syariah

Direktur Utama Jalin, Ario Tejo Bayu Aji mengatakan, fokus OJK dalam prioritas literasi keuangan tahun 2023 yang menyasar pelajar, santri, UMKM, penyandang disabilitas dan masyarakat daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal).

"Sebagai perusahaan sistem pembayaran, literasi keuangan menjadi kunci penting untuk mendukung inklusi keuangan secara nasional. Dalam konteks pertumbuhan masyarakat yang terus meningkat dan permintaan akan transaksi keuangan yang semakin tinggi, peningkatan literasi keuangan hingga ke wilayah pesisir sangat penting untuk menciptakan akses keuangan yang merata," ungkap Ario dalam siaran pers, Selasa (24/10/2023).

Baca juga: Anak Muda dalam Jeratan Pinjaman Online dan Rendahnya Literasi Keuangan

 


Jalin juga bekerja sama dengan BAZNAS untuk menyediakan pelayanan kesehatan gratis, bantuan sembako, dan obat-obatan kepada masyarakat di pesisir Pantai Bahagia.

Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan, MA., mengatakan, pendistribusian bantuan dan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat merupakan bagian dari program BAZNAS untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama keluarga rentan.

"Kemitraan BAZNAS dan Jalin telah terjalin dan sejalan dengan fokus BAZNAS dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bantuan langsung maupun kesehatan gratis yang akan terus ditingkatkan," ujar Saidah.”

“Kami berharap literasi keuangan akan memberikan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat," tegas Ario.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com