Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Mata Uang Israel dan Nilai Tukarnya ke Rupiah

Kompas.com - 01/05/2024, 10:26 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Nama mata uang Isral adalah shekel dengan kode internasionalnya NIS (New Israeli Shekel). NIS juga banyak dipakai di Tepi Barat yang diduduki Israel dan Jalur Gaza Palestina.

Sebutan lain mata uang Israel adalah shekel baru. Ini karena shekel yang beredar saat ini menggantikan shekel lama (kode ILS/Israeli Shekel) sejak tahun 1986 akibat mata uang tersebut mengalami penurunan nilai sangat parah.

Dengan nilai tukar kurs mata uang Israel ke rupiah saat ini sebagaimana mengacu pada sejumlah situs valas, setiap 1 shekel nilainya sama dengan Rp 4.300.

Sementara bila dikonversikan ke dollar AS, 1 shekel sama dengan 0,26 dollar AS atau sebaliknya setiap 1 dollar AS setara dengan 3,78 shekel baru.

Baca juga: Apa Mata Uang yang Digunakan Warga Palestina?

Mengenal mata uang Israel

Mengutip laman Britanica, shekel atau sheqil, nama mata uang Israel, dibagi menjadi 100 agorot atau setara sen.

Sistem moneter Israel saat ini, berdasarkan Shekel Israel Baru (NIS), dibuat pada tahun 1985, ketika setiap 1.000 syikal lama (ILS) yang beredar diganti dengan 1 shekel baru.

Israel mempunyai beberapa sistem moneter (beberapa di antaranya sudah ada sebelum kemerdekaan negara tersebut berdiri pada tahun 1948 di atas wilayah Palestina).

Sebelum berdirinya negara Israel, di Palestina mata yang beredar didasarkan pada piastres (uang yang beredar pada masa Kekaisaran Ottoman), pound Mesir (1918), dan pound Palestina (1927).

Sementara pound Israel baru muncul pada tahun 1948 beredar bersamaan dengan pound Palestina. Pound ini kemudian digantikan dengan ILS hingga tahun 1986, dan kemudian ILS digantikan dengan NIS.

Baca juga: Daftar 7 Mata Uang Eropa dengan Nilai Tukar Terkuat

Mata uang shekel kertas memiliki pecahan yang beragam mulai dari NIS 20 hingga NIS 200. Bagian depan uang kertas dihiasi dengan tokoh penting dalam sejarah Israel dan di latar belakang dengan gambaran peristiwa yang terkait dengan orang tersebut.

Misalnya, Moshe Sharett, seorang pemimpin Zionis dan Perdana Menteri Israel (1953–55) yang pernah dipenjarakan oleh Inggris, ditampilkan di depan bersamaan dengan pengibaran bendera Israel di gedung PBB pada tahun 1949 (NIS 20).

Lalu ada potret Itzhak Ben-Zvi, Presiden Israel kedua(1952–63), ditampilkan di samping kutipan pidato yang dia sampaikan pada pertemuan pertama komunitas Yahudi Yaman (NIS 100).

Contoh gambar sisi sebaliknya mata uang shekel termasuk gambar Brigade Yahudi selama Perang Dunia II (NIS 20) dan sebuah gang di ?efat (Safed), potret sejarah yang dianggap suci bagi agama Yahudi bernama Kabbala (NIS 200).

Baca juga: Mata Uang Spanyol Sebelum dan Setelah Gabung Uni Eropa

Sementara koin mata uang Israel diterbitkan dengan nilai yang mencakup NIS 1/2, NIS 1, NIS 5, dan NIS 10, serta 1, 10, dan 50 agorot.

Contoh mata uang Israel bernilai NIS 20.Situs Banknote World Contoh mata uang Israel bernilai NIS 20.

Sejarah mata uang shekel

Dilansir dari Investopedia, ILS adalah mata uang keempat negara Israel. Mata uang asli setelah negara ini didirikan pada tahun 1948 adalah pound Palestina, yang kemudian dicetak pula Pound Israel pada tahun 1952.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com