Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mata Uang Spanyol Sebelum dan Setelah Gabung Uni Eropa

Kompas.com - 21/04/2024, 20:43 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Mata uang Spanyol adalah euro dengan kode EUR dan simbol €. Ini karena negara yang terletak di Laut Mediterania ini masuk dalam Uni Eropa (UE).

Lalu apa mata uang Spanyol sebelum bergabung Uni Eropa?

Sebelum menggunakan euro, mata uang Spanyol adalah adalah peseta (kode ESP). Peseta adalah mata uang umum yang digunakan di seluruh Spanyol selama lebih dari 130 tahun.

Euro baru diperkenalkan pada 1 Januari 1999 sebagai mata uang virtual, dan kemudian pada 1 Januari 2002, euro mulai beredar dalam bentuk koin dan uang kertas, termasuk di Spanyol.

Euro digunakan oleh lebih dari 340 juta orang di zona euro, yang meliputi sebagian besar negara-negara Uni Eropa, kecuali Swedia, Denmark, Bulgaria, Kroasia, Polandia, Republik Ceko, Hungaria, Rumania, dan Britania Raya.

Baca juga: Daftar 11 Mata Uang Negara ASEAN, Nilai Tukar, dan Gambarnya

Euro juga digunakan oleh negara-negara di luar Uni Eropa sebagai mata uang cadangan dan sebagai mata uang dalam perdagangan internasional.

Mengenal mata uang Spanyol lama

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, sebelum menggunakan euro, mata uang negara Spanyol adalah peseta.

Mengutip laman Banco de Espana, peseta ditetapkan sebagai unit dasar sistem moneter atau mata uang Spanyol melalui Keputusan Pemerintah yang disahkan pada tanggal 19 Oktober 1868.

Koin peseta pertama dicetak pada tahun 1869, di percetakan uang Madrid, yang kemudian menjadi Royal Mint Spanyol saat ini (Fábrica Nacional de Moneda y Timbre Real Casa de la Moneda (FNMT-RCM).

Uang kertas peseta pertama dicetak pada tanggal 1 Juli 1874, ketika Banco de España diberikan hak eksklusif untuk mencetak uang kertas.

Baca juga: Mengenal Mata Uang Argentina dan Nilai Tukar ke Rupiah

Orang Spanyol telah menggunakan lebih dari 50 edisi cetakan uang kertas peseta yang berbeda. Penerbitan uang kertas pertama kali oleh Royal Mint of Spain dilakukan pada tanggal 21 Oktober 1940.

Pada tanggal 1 Januari 2002 uang kertas dan koin euro mulai beredar. Euro dipakai berdampingan dengan peseta hingga 28 Februari 2002, setelah itu euro menjadi satu-satunya alat pembayaran yang sah.

Untuk mempermudah penggantian peseta, ditetapkan jangka waktu bagi warga negara untuk menukarkan mata uang negara Spanyol peseta mereka dengan euro hingga tanggal 30 Juni 2002.

Peseta dapat ditukarkan di Banco de Espana. Batas waktu penukaran peseta dengan euro adalah 30 Juni 2021.

Contoh peseta sebagai mata uang Spanyol sebelum euro.Situs Banknote World Contoh peseta sebagai mata uang Spanyol sebelum euro.

Baca juga: Mengenal Mata Uang Pakistan dan Nilai Tukarnya

Mata uang Spanyol baru

Euro adalah mata uang Uni Eropa dan menjadi salah satu mata uang yang paling banyak digunakan sebagai cadangan devisa di banyak negara. 1 euro kini setara dengan sekitar Rp 17.200.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com