Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan iPhone Anjlok Hampir di Seluruh Negara di Dunia

Kompas.com - 03/05/2024, 19:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber BBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Penjualan iPhone, ponsel pintar yang diproduksi oleh Apple, anjlok di hampir setiap pasar di seluruh dunia, menurut laporan terbaru dari Apple.

Dikutip dari BBC, Jumat (3/5/2024), Apple mengatakan permintaan keseluruhan untuk iPhone turun lebih dari 10 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini. Penjualan iPhone turun di setiap wilayah di dunia kecuali Eropa.

Apple mengatakan bahwa secara keseluruhan, pendapatan seluruh perusahaan turun 4 persen menjadi 90,8 miliar dollar AS. Ini merupakan penurunan terbesar selama lebih dari setahun.

Baca juga: Penjualan iPhone Anjlok 10 Persen, Ini Penyebabnya

Ilustrasi iPhone 15.Freepik Ilustrasi iPhone 15.

Apple mengatakan angka tersebut terdistorsi oleh gangguan pasokan terkait Covid-19, yang menyebabkan penjualan sangat kuat pada periode yang sama tahun lalu.

Apple optimistis penjualan iPhone akan kembali tumbuh dalam beberapa bulan mendatang, dengan memperhatikan peluncuran produk yang akan datang dan investasi dalam kecerdasan buatan (AI).

Untuk iPhone, penjualan di China turun sebesar 8 persen. CEO Apple Tim Cook berusaha meyakinkan investor tentang keadaan bisnis di China, menyatakan bahwa penjualan iPhone sebenarnya meningkat di Negeri Tirai Bambu tersebut.

“Saya mempunyai pandangan yang bagus terhadap China dalam jangka panjang,” katanya.

Baca juga: Cerita iPhone Jadi Ponsel Paling Populer Saat Ini

Persaingan di China semakin ketat dari pesaing lokal seperti Huawei.

Gil Luria, analis perangkat lunak senior DA Davidson, mengatakan perusahaan seperti Huawei sukses di China karena adalah produk dalam negeri.

“Tetapi dalam hal fitur, fungsionalitas dan prestise, iPhone masih memiliki keunggulan dibandingkan ponsel lainnya,” katanya pada program BBC Today.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com