Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpan-RB Pastikan Seleksi CPNS 2024 Bebas Joki dan Titipan Pejabat, Ini Alasannya

Kompas.com - 03/05/2024, 19:35 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memastikan pelaksanaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) bebas dari joki dan titipan pejabat.

Menurut dia, pelaksanaan CASN tahun ini transparan dan lebih ketat dengan memanfaatkan teknologi pemindai wajah (face recognition) sehingga tidak memungkinkan adanya celah yang bisa dimanfaatkan oknum untuk melakukan kecurangan.

"Untuk seleksi CPNS tidak mungkin ada celah karena semua masyarakat sekarang bisa mendaftar dan masyarakat bisa memantau siapa yang diterima dan mereka juga langsung bisa tahu hasil tes seleksi," ujarnya saat konferensi pers di Gedung Kominfo, Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Baca juga: Ini 6 Kementerian yang Sudah Umumkan Lowongan CPNS 2024

Lebih lanjut dia menjelaskan, masyarakat bisa memantau pergerakan hasil ujian peserta CASN secara langsung melalui internet sehingga nilai tiap peserta mudah diketahui.

"Jadi ketika putra-putrinya sedang mengerjakan tes di dalam, orang tua, keluarga, sanak saudara langsung bisa melihat hasil nilai tes yang dikerjakan oleh putra-putrinya sehingga live score ini menjamin adanya ketepatan transparansi," ucapnya.

Kemudian pada seleksi CASN tahun ini pemerintah akan memberlakukan dua kali face recognition yakni saat pendaftaran dan saat mengerjakan soal di ruangan untuk memastikan peserta yang datang dan mengerjakan ujian bukanlah joki.

Dengan sistem verifikasi yang lebih ketat ini, joki-joki ujian tidak bisa lagi mengakali sistem seleksi seperti yang pernah terjadi sebelumnya.

"Waktu itu ditemukan ada joki, ternyata waktu masuk pakai face recognition lalu ketika mengerjakan soal mereka ke toilet dan saat masuk orangnya beda," ungkapnya.

Bahkan dia menyatakan, tidak ada lagi kesempatan bagi oknum-oknum untuk menitipkan orang untuk menjadi pegawai ASN seperti yang sempat terjadi pada seleksi CASN sebelum-sebelumnya.

"Saya kira ini tidak ada lagi istilah titipan. Putranya Pak Kepala BKN saja yang membuat soal, dua kali tes. Banyak sekali putra-putra pejabat yang bikin soal juga enggak bisa diterima " kata Anas.

Baca juga: Kementerian PUPR Buka 26.319 Formasi CPNS dan PPPK 2024, Ini Rinciannya

Untuk itu, Anas mengingatkan agar masyarakat tidak percaya kepada oknum-oknum yang menjanjikan kelulusan karena seleksi CASN tahun ini menjunjung tinggi nilai transparansi dan akuntabilitas.

Sebagai informasi, Kementerian PANRB telah memberikan persetujuan 1,2 juta formasi pada CASN 2024. Angka ini terbagi menjadi 427.650 formasi pada instansi pusat dan 862.174 formasi pada instansi daerah.

Adapun jumlah tersebut bagian dari tahap awal pemenuhan kebutuhan 2,3 juta ASN yang akan direkrut secara berkelanjutan.

Baca juga: Ombudsman Minta Seleksi CASN Diundur Setelah Pilkada, MenPAN-RB: Tidak Mungkin Ditunda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com