Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Laporan Konsumen Terkait Masalah Perumahan Terbanyak Diterima BPKN

Koordinator Komisi III Advokasi BKPN Rizal E Halim mengatakan, 90 persen dari jumlah keseluruhan pengaduan adalah mengenai perumahan.

"Kita mencatat ada 1.510 pengaduan ditahun ini dan yang paling parah ada di Batam," ujarnya di Jakarta, Senin (16/12/2019).

Rizal menjelaskan, permasalahan perumahan di Kota Batam terjadi akibat adanya pengembang nakal yang menjual lahan yang sebenarnya adalah kawasan hutan lindung.

Selain itu, di wilayah Jabodetabek permasalahan perumahan juga sangat banyak. Ia mencontohkan, salah satunya permasalahan kasus Perumahan Jatinegara Indah yang kini sudah disita.

"Sudah disita sebenarnya, tapi ada saja pihak swasta yang menjualnya. Mirisnya, dibantu dengan mekanisme pembiayaan salah satu bank milik pemerintah," jelasnya.

Rizal juga mengatakan, permasalahan perumahan di Jakarta juga banyak dialami hampir semua rumah susun di Jakarta yang memiliki potensi dan para konsumennya bukan hanya dari masyarakat ekonomi ke bawah, melainkan masyarakat ekonomi ke atas juga banyak menjadi korban.

https://money.kompas.com/read/2019/12/16/173442326/laporan-konsumen-terkait-masalah-perumahan-terbanyak-diterima-bpkn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke