Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Pemerintah Tarik Pinjaman dari Bank Dunia | Komentar Dirut Garuda soal Suspensi Saham

Berita mengenai pinjaman Bank Dunia tersebut menjadi yang terpopuler sepanjang hari kemarin, Sabtu (19/6/2021). Sementara itu berita lain yang masuk terpopuler adalah komentar Dirut Garuda soal saham maskapai tersebut yang disuspensi.

Berikut adalah daftar berita terpopuler selengkapnya:

1. Jokowi Tarik Utang Baru Rp 13 Triliun dari Bank Dunia

Bank Dunia atau World Bank baru saja menyetujui pinjaman baru sebesar 500 juta dollar AS yang diajukan pemerintah Indonesia. Utang baru dipakai untuk memperkuat sistem kesehatan nasional.

Beberapa di antaranya yakni penambahan tempat isolasi pasien virus corona (Covid-19), tempat tidur rumah sakit, penambahan tenaga medis, lab pengujian, serta peningkatan pengawasan dan kesiapsiagaan menghadapi pandemi.

Selain itu, pinjaman dari Bank Dunia juga akan dipakai pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memperluas program vaksinasi Covid-19. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

2. Saham Garuda Disuspensi, Ini Penjelasan Direktur Utama

Aktivitas perdagangan saham PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) dihentikan sementara oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, pihak perseroan telah mengetahui suspensi tersebut.

Kini sebut Irfan, Garuda Indonesia tengah berupaya menyelesaikan pembayaran sukuk senilai 500 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 7,2 triliun.

"Saat ini, perseroan juga terus menjalin komunikasi intensif dengan pemegang sukuk guna menyampaikan informasi terkait langkah-langkah yang kini tengah ditempuh perseroan dalam upaya pemenuhan kewajiban pembayaran kupon sukuk mengacu pada mekanisme yang berlaku," katanya kepada Kompas.com, Jumat (18/6/2021). Selengkapnya bisa dibaca di sini.

3. 3 Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak

Status kepesertaan BPJS Kesehatan sangat bergantung dari lancar tidaknya membayar iuran. Lalu bagaimana cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak? Cara mengecek BPJS Kesehatan aktif atau tidak bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Data yang diperlukan adalah nomor kartu atau bisa menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Nah berikut ini beberapa metode cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Selengkapnya bisa dibaca di sini.

4. Harga Bitcoin dkk Kembali Tertekan, Apa Sebabnya?

Harga mata uang kripto kembali merosot pada perdagangan hari ini, Sabtu (19/6/2021). Setelah sempat sedikit bangkit di awal pekan, harga aset kripto terpopuler terus merosot dalam beberapa hari terakhir.

Harga bitcoin misalnya, dikutip dari CoinMarketCap pada perdagangan hari ini merosot 5,75 persen menjadi ke kisaran 35.551,93 dollar AS per keping. Angka tersebut setara dengan sekitar Rp 511,95 juta (kurs Rp 14.400). Selengkapnya bisa dibaca di sini.

https://money.kompas.com/read/2021/06/20/060000226/-populer-money-pemerintah-tarik-pinjaman-dari-bank-dunia-komentar-dirut-garuda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke