Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lowongan 28.000 Pegawai Kawasan Industri Terpadu Batang, Butuh Lulusan SMP, SMA, hingga Sarjana

Deputi II Kantor Staf Presiden (KSP) Abetnego Tarigan mengatakan, kebutuhan tersebut bisa dengan mudah terpenuhi bila mengambil angkatan kerja dari berbagai daerah.

Namun fokusnya saat ini adalah bagaimana kebutuhan tersebut diisi maksimal oleh warga lokal sehingga mereka tidak hanya menjadi penonton.

"Kebutuhan tenaga kerja di sana sekitar 20.000-an orang, dalam jangka panjang bisa 28.000-an orang," ujar Deputi II Kantor Staf Presiden (KSP) Abetnego Tarigan kepada Kompas.com di Bandung, Kamis (7/7/2022).

Untuk itu, pihaknya saat ini konsen mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) lokal agar memenuhi kebutuhan industri di kawasan tersebut. Salah satunya dengan mendorong skil sesuai kebutuhan.

Mulai dari skill di bidang tertentu, softskill, daya tahan, dan lainnya. Nantinya mereka akan dilatih melalui pelatihan BLK, SMK, dan lainnya.

Untuk menuju ke arah sana, pihaknya menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk mengetahui kebutuhan industri. FGD ini melibatkan Kementerian, Pemda, industri, dan lainnya.

"Saat ini, sudah ada 10 investor yang siap beroperasi di KITB. Mereka bergerak di berbagai bidang," tutur dia.

Hingga kini sejumlah industri yang sudah masuk adalah industri kaca, peralatan kesehatan, hingga sepatu. Para pekerja nantinya akan mendapatkan berbagai training terlebih dahulu.


Butuh lulusan SMP, SMA, perguruan tinggi

Direktur Operasi & Teknik KITB Adler Manarissan Siahaan mengatakan, KITB atau Grand Batang City merupakan fast growing company yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional.

Kawasan ini memiliki luas 4.300 hektar yang dibagi menjadi 3 klaster yakni Creation, Innovation dan Leisure.

"Saat ini, pada fase 1 ada 450 hektar dari klaster 1 sudah berhasil sold out dalam waktu kurang dari 2 tahun. Terdapat 12 investor yang sudah berkomitmen. Tujuh investor di antaranya sudah melaksanakan Perjanjian Pemanfaatan Tanah Industri di Grand Batang City," jelas dia.

Kawasan tersebut membutuhkan 28.000 pekerja dari lulusan SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Bagi yang tertarik tinggal mengikuti akun media sosial Grand Batang City.

Semua informasi lowongan kerja akan dishare di media sosial tersebut. Pihaknya pun akan mempermudah sistem perekrutan tenaga kerja.

https://money.kompas.com/read/2022/07/08/094500126/lowongan-28.000-pegawai-kawasan-industri-terpadu-batang-butuh-lulusan-smp-sma

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke