Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Kaya Beneran Tidak Mau Belanjakan Uangnya untuk 5 Hal Ini

Kompas.com - 28/05/2024, 16:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Membelanjakan uang tentu sangat mudah dilakukan jika saja memiliki uang yang banyak. Tapi, ternyata ada lima hal yang tidak akan dibeli oleh orang-orang yang memang beneran kaya raya.

Mengutip CNBC, beberapa orang kaya mengatakan bahwa mereka lebih berhati-hati dalam membelanjakan uangnya. Selain sadar akan pentingnya dana cadangan, tentu saja mereka ingin terus meningkatkan dan mempertahankan kakayaan mereka.

Seorang Youtuber sekaligus ‘secret shoper’ (orang yang dibayar untuk memberikan saran dan masukan terhadap sesuatu/ tempat atau abrang) bernama Todd Baldwin mengatakan bahwa dirinya memiliki cara tersendiri untuk berhemat.

Bahkan dia menganggap berhemat seperti melakukan sebuah permainan dalam hidupnya.

“Sebenarnya sangat menyenangkan bisa membeli sesuatu dan kemudian memilih untuk tidak membelinya,” katanya mengutip CNBC Make It.

Baca juga: Kementerian ESDM Sebut Izin Pakai Air Tanah Hanya Sasar Orang Kaya

Lalu, hal apa saja yang tidak ingin dibeli oleh orang-orang kaya, simak penjelasan berikut:

1. Trend fashion

Miliarder Jonathan Sanchez yang juga merupakan pendiri situs literasi financial Parent Portfolio, mempertahankan penggunaan uang untuk membeli pakaian yang sedang trend. Dia tetap menjaga segala sesuatunya tetap sederhana.

“Saya tidak terlalu memikirkan pakaian saya. Saya menyimpan lemari kecil yang berisi pakaian sederhana dan tak lekang oleh waktu,” katanya.

“Jika saya tampil santai, saya akan memadukan jeans biru dengan T-shirt atau polo. Jika saya menghadiri acara formal, saya akan mengenakan jas dan dasi,” jelas dia

Pola hidup ini memungkinkan dia menghindari godaan untuk mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk membeli pakaian baru yang mencolok atau pakaian murah sekali pakai.

“Saya hanya membeli barang baru ketika saya perlu mengganti pakaian yang berlubang akibat sering dipakai,” ungkap dia.

Baca juga: Pertumbuhan Tabungan Orang Kaya Kian Melambat, Bos LPS Beberkan Alasannya

 


2. Perpanjangan garansi

Steve Adcock menerbitkan buletin Millionaire Habits sebagai bagian dari upaya untuk mengarahkan orang menuju kemandirian finansial dan pensiun dini dengan cara yang dia lakukan, yakni profesional, berinvestasi dengan bijak, dan hidup hemat.

Dia bilang perpanjang masa garansi untuk peralatan rumah tangga dan barang elektronik dari toko-toko besar perlu dilakukan. Namun, hal ini cenderung menjadi keuntungan bagi toko karena tidak banyak yang menggunakannya.

“Kamu mungkin tidak akan menggunakannya. Itu hanya keuntungan tambahan bagi toko,” katanya.

Alih-alih membayar garansi, Adcock menyisihkan sedikit uang tunai ke dana daruratnya setiap bulan untuk menutupi perbaikan. Ketika suatu barang rusak, dia mempunyai dana untuk menutupinya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com