Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adakah Cara Mengetahui PIN ATM dari Nomor Kartu ATM

Kompas.com - 26/06/2024, 19:35 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Mungkin banyak nasabah yang masih awam bertanya adakah cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM?

Sebenarnya tidak ada ada satu pun cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu. PIN kartu debit sendiri sifatnya sangat rahasia, sehingga tidak bisa dicantumkan di dalam kartu.

Selain itu, PIN kartu ATM juga sifatnya bisa diubah. Nasabah bank bisa mengganti kapan saja PIN ATM demi alasan keamanan.

PIN ATM dirancang untuk melindungi akun rekening bank Anda dan hanya Anda yang seharusnya mengetahuinya. Tidak ada cara yang sah untuk mendapatkan PIN ATM seseorang hanya dari nomor kartu ATM.

Baca juga: 2 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BRI Tanpa ke Bank Antiribet

Bagaimana jika nasabah lupa PIN?

Jika Anda lupa PIN ATM Anda, berikut adalah langkah-langkah yang sah dan aman untuk mendapatkannya kembali:

1. Hubungi bank

Hubungi layanan pelanggan bank Anda melalui nomor resmi call center yang tersedia di situs web bank atau pada kartu ATM Anda. Mereka akan memberikan petunjuk tentang bagaimana cara mengatur ulang PIN Anda.

2. Kunjungi cabang bank terdekat

Anda dapat mengunjungi cabang bank terdekat dengan membawa kartu identitas dan kartu ATM. Petugas bank akan membantu Anda mengatur ulang PIN ATM Anda.

3. Gunakan aplikasi

Beberapa bank menyediakan opsi untuk mengatur ulang PIN melalui aplikasi mobile atau situs web resmi mereka. Masuk ke akun Anda dan ikuti petunjuk untuk mengganti PIN.

4. Datangi mesin ATM

Beberapa bank memungkinkan Anda mengatur ulang PIN langsung di mesin ATM. Masukkan kartu ATM Anda, pilih opsi lupa PIN atau ganti PIN, dan ikuti petunjuk yang diberikan.

Jangan pernah membagikan PIN ATM Anda dengan orang lain.
Pastikan Anda mengganti PIN secara berkala untuk meningkatkan keamanan.

Gunakan kombinasi PIN yang kuat dan sulit ditebak.
Melindungi informasi keuangan Anda sangat penting. Jika Anda merasa ada potensi pelanggaran keamanan, segera laporkan ke bank Anda untuk tindakan lebih lanjut.

Tidak ada opsi cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM.Muhammad Idris/Money.kompas.com Tidak ada opsi cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM.

Kesimpulannya tidak ada opsi cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM. Karena PIN sifatnya sangat rahasia, bahkan tidak diketahui oleh pegawai bank sekalipun.

 

Baca juga: 2 Cara Ganti PIN ATM BRI Tanpa ke Bank, Bisa Lewat HP

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com