Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kepanjangan PIN ATM dalam Bahasa Indonesia dan Inggris?

Kompas.com - 27/06/2024, 20:09 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Masih banyak orang yang belum tahu kepanjangan PIN ATM. PIN sendiri sebenarnya merupakan singkatan yang berasal dari Bahasa Inggris yakni personal identification number.

Sementara ATM adalah singkatan dari anjungan tunai mandiri dalam Bahasa Indonesia, atau automated teller machine dalam Bahasa Inggris.

Mengutip Investopedia, PIN ini merupakan kode numerik yang digunakan sebagai sarana otentikasi saat melakukan transaksi di ATM, seperti penarikan tunai, cek saldo, transfer uang, dan lain-lain.

Biasanya, PIN terdiri dari 4 hingga 6 digit angka dan bersifat rahasia, hanya diketahui oleh pemilik kartu, bahkan pihak bank yang menerbitkannya tidak mengetahui PIN ATM.

Baca juga: PIN ATM BRI Berapa Digit?

Fungsi PIN ATM

Fungsi PIN ATM adalah sebagai alat otentikasi dan keamanan dalam berbagai transaksi perbankan. Berikut adalah beberapa fungsi utama PIN ATM:

1. Keamanan transaksi

PIN berfungsi sebagai kunci yang memastikan hanya pemilik kartu yang dapat mengakses akun mereka melalui ATM. Ini mencegah penggunaan kartu oleh orang yang tidak berwenang.

2. Akses ke layanan perbankan

Dengan memasukkan PIN yang benar, pengguna dapat mengakses berbagai layanan perbankan di ATM, seperti penarikan tunai, cek saldo, transfer dana, pembayaran tagihan, dan lainnya.

3. Verifikasi identitas

PIN digunakan untuk memverifikasi identitas pemilik kartu saat melakukan transaksi, baik di ATM maupun saat menggunakan kartu debit/kredit di mesin EDC (Electronic Data Capture) di toko-toko.

4. Pencegahan penipuan

Penggunaan PIN membantu mengurangi risiko penipuan dan pencurian identitas karena hanya orang yang mengetahui PIN yang dapat menggunakan kartu tersebut.

Sudah paham kan kepanjangan PIN ATM?Muhammad Idris/Money.kompas.com Sudah paham kan kepanjangan PIN ATM?

Dengan demikian, PIN ATM memainkan peran penting dalam memastikan keamanan dan integritas transaksi perbankan elektronik. Jadi sudah tahu kan kepanjangan PIN ATM?

Baca juga: Adakah Cara Mengetahui PIN ATM dari Buku Tabungan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com