Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Singkatan ATM dalam Bahasa Inggris

Kompas.com - 27/06/2024, 11:54 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Dalam Bahasa Indonesia, ATM adalah singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri. Sementara singkatan ATM dalam Bahasa Inggris adalah Automated Teller Machine.

Kepanjangan ATM memang berbeda dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Ini karena istilah ATM di Tanah sebenarnya memang serapan dari Bahasa Inggris.

Mengenal ATM

Mengutip Investopedia, ATM adalah mesin yang memungkinkan nasabah bank mendapatkan uang tunai dari rekening bank Anda tanpa mengunjungi teller di kantor bank.

Baca juga: Adakah Cara Mengetahui PIN ATM dari Buku Tabungan?

Beberapa ATM merupakan mesin ATM tunai sederhana yang hanya bisa digunakan untuk menarik uang tunai, sementara yang lain memungkinkan berbagai transaksi seperti setoran tunai, transfer saldo, dan pembayaran tagihan.

Siapa pun yang memiliki kartu kredit atau kartu debit dapat mengakses uang tunai di sebagian besar ATM, baik di AS atau negara lain.

ATM nyaman karena memungkinkan konsumen melakukan transaksi dengan cepat dan tidak harus mengantre datang ke kantor bank seperti transaksi penyetoran, penarikan tunai, pembayaran tagihan, dan transfer antar rekening.

Baca juga: PIN ATM BRI Berapa Digit?

Di Indonesia, penggunaan ATM gratis atau tidak dikenakan tarif selama menggunakan kartu debit atau kartu ATM yang diterbitkan oleh bank yang sama di mesin ATM misalnya pengecekan saldo dan transfer ke rekening bank yang sama.

Pengenaan tarif biasanya baru akan dilakukan bila nasabah melakukan transfer di ATM ke rekening bank yang berbeda. Biaya juga akan dikenakan bila Anda menggunakan jaringan ATM yang berbeda dengan penerbit kartu.

Fungsi ATM

ATM memiliki berbagai fungsi yang memudahkan nasabah bank dalam melakukan berbagai transaksi perbankan tanpa perlu datang ke kantor cabang. Berikut adalah beberapa fungsi utama ATM:

  1. Penarikan tunai: Nasabah dapat menarik uang tunai dari rekening mereka dengan mudah.
  2. Cek saldo: Nasabah dapat memeriksa saldo rekening mereka secara real-time.
  3. Transfer uang: ATM memungkinkan transfer uang antar rekening dalam bank yang sama atau ke bank lain.
  4. Pembayaran tagihan: Banyak ATM yang memungkinkan pembayaran tagihan, seperti tagihan listrik, air, telepon, kartu kredit, dan lainnya.
  5. Pembelian pulsa: Nasabah dapat membeli pulsa telepon seluler melalui mesin ATM.
  6. Setoran tunai: Beberapa mesin ATM dilengkapi dengan fitur setoran tunai, memungkinkan nasabah untuk menyetor uang ke rekening mereka.
  7. Mutasi: Nasabah dapat mencetak riwayat transaksi terakhir (mini statement) untuk melihat aktivitas rekening mereka.
  8. Ganti PIN: Nasabah dapat mengganti PIN kartu ATM mereka untuk alasan keamanan.
  9. Informasi rekening: Beberapa ATM menyediakan layanan untuk memeriksa informasi rekening lainnya, seperti mutasi rekening atau informasi kartu kredit.
  10. Transfer dana internasional: Beberapa ATM mendukung layanan transfer dana ke luar negeri.

Dengan berbagai fungsi ini, ATM memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan secara mandiri dan efisien, kapan saja dan di mana saja, tanpa harus mengunjungi kantor cabang bank.

Jadi sudah paham kan singkatan ATM dalam Bahasa Inggris maupun kepanjangan ATM dalam Bahasa Indonesia?

Baca juga: 2 Cara Ganti PIN ATM BRI Tanpa ke Bank, Bisa Lewat HP

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com