Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Liburan, 350.000 Tiket Kereta Cepat Whoosh Telah Terjual

Kompas.com - 29/06/2024, 20:20 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 350.000 tiket Kereta Cepat Whoosh untuk perjalanan liburan periode 14 Juni- 7 Juli 2024 sudah terjual. Angka ini masih akan terus bertambah seiring dengan masih dijualnya tiket Whoosh di berbagai channel penjualan.

GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, sejak dimulainya musim liburan pada pertengahan Juni lalu, layanan Whoosh semakin dipadati penumpang. Rata-rata jumlah penumpang harian semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Eva menyebutkan, jumlah penumpang yang telah diberangkatkan hingga 28 Juni mencapai 283.000 penumpang, meningkat 20 persen jika dibandingkan di luar musim liburan.

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Pecah Rekor Jumlah Penumpang Terbanyak sejak Beroperasi

"Penumpang harian yang biasanya berkisar di 15.000-16.000 penumpang per hari, mulai meningkat menjadi 18.000 penumpang per hari dan melonjak pada Kamis dan Jumat (27-28/6) di mana Whoosh melayani sebanyak 22.000 penumpang per hari," ujarnya dalam siaran persnya, Sabtu (29/6/2024).

Menurutnya, kenaikan jumlah penumpang Whoosh didorong karena semakin banyaknya penumpang yang bepergian bersama anak-anak untuk menghabiskan masa liburan sekolah untuk berlibur di Jakarta dan Bandung.

Dia mengimbau agar orang tua dapat mengawasi dan memperhatikan aturan keselamatan yang berlaku di stasiun dan di dalam kereta.

Ketika berada di stasiun, anak-anak didampingi agar berhati-hati saat menaiki tangga maupun eskalator. "Jika membawa kereta bayi maupun koper besar, gunakan lift untuk keamanan dan kenyamanan bersama," katanya.

Dia juga mengingatkan agar penumpang tidak berjalan atau berada di belakang garis putih saat berada di peron. "Kemudian perhatikan celah antara peron dan kereta, berhati-hati saat melangkah, jangan sampai terjerembab ke celah tersebut," katanya.

Eva menambahkan, penumpang yang berusia 0-3 tahun dan tidak mengambil tempat duduk tidak perlu membeli tiket Whoosh. Tersedia pula toilet khusus yang memiliki fasilitas meja pengganti popok pada kereta nomor 4 di setiap rangkaian Whoosh.

KCIC juga siap membantu orang tua yang ingin memberangkatkan anak dibawah umur tanpa pendamping dengan menghubungi petugas yang berjaga di stasiun untuk mendapatkan layanan pendampingan.

Penumpang cilik tersebut akan didampingi sejak berada di ruang tunggu, menuju ke kereta, hingga diterima oleh penjemput di stasiun tujuan.

"Berbagai fasilitas telah kami sediakan di stasiun dan layanan kereta cepat Whoosh. KCIC berharap, momen liburan bersama Whoosh ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi orang tua dan anak anak," pungkasnya.

Baca juga: Jelang Long Weekend, KCIC Perkirakan Penumpang Whoosh Melonjak 20 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com