Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adakah Cara Mengetahui PIN ATM dari Buku Tabungan?

Kompas.com - 27/06/2024, 11:33 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Bagaimanakah cara mengetahui PIN ATM dari buku tabungan? Banyak orang yang menjadi nasabah bank namun masih awal akan hal tersebut.

PIN ATM adalah kode rahasia yang seharusnya hanya diketahui oleh pemilik rekening. Secara umum, PIN ATM tidak tercetak di buku tabungan atau dokumen lain yang diberikan oleh bank untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan.

Jadi, nasabah tidak akan menemukan PIN ATM di dalam buku tabungan. Yang harus dipahami, selain bersifat rahasia, PIN juga bisa diganti kapan saja oleh nasabah pemilik rekening.

Baca juga: PIN ATM BRI Berapa Digit?

Bagaimana jika lupa PIN ATM?

jika Anda lupa PIN ATM, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya:

Kunjungi Kantor Cabang Bank: Datanglah ke kantor cabang Bank BRI terdekat dengan membawa kartu identitas (KTP/SIM/paspor), buku tabungan, dan kartu ATM Anda.

Minta Bantuan Customer Service: Sampaikan kepada petugas customer service bahwa Anda lupa PIN ATM dan minta bantuan untuk melakukan reset PIN. Petugas akan memverifikasi identitas Anda dan memberikan formulir yang perlu diisi.

Verifikasi Identitas: Petugas akan memverifikasi identitas Anda dengan mencocokkan data yang ada di sistem bank dengan dokumen yang Anda bawa.

Baca juga: Adakah Cara Mengetahui PIN ATM dari Nomor Kartu ATM

Reset PIN: Setelah verifikasi selesai, petugas akan membantu Anda untuk reset PIN. Anda akan diminta untuk membuat PIN baru yang harus Anda ingat dan jaga kerahasiaannya.

Aktivasi PIN Baru: Beberapa bank mungkin mengharuskan Anda untuk mengaktivasi PIN baru di mesin ATM terdekat. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh petugas bank untuk proses aktivasi.

Selalu ingat untuk menjaga kerahasiaan PIN Anda dan hindari mencatatnya di tempat yang mudah diakses oleh orang lain.

Jadi kesimpulannya, tidak ada cara mengetahui PIN ATM dari buku tabungan karena memang sifatnya sangat rahasia. Bahkan PIN ATM tidak diketahui oleh petugas bank sekalipun.

Tidak ada cara mengetahui PIN ATM dari buku tabungan karena PIN sifatnya sangat rahasia.Muhammad Idris/Money.kompas.com Tidak ada cara mengetahui PIN ATM dari buku tabungan karena PIN sifatnya sangat rahasia.

Baca juga: 2 Cara Ganti PIN ATM BRI Tanpa ke Bank, Bisa Lewat HP

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com