Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Jaga Perairan Batam dari Penyelundupan, Bea Cukai Kerahkan Patroli Laut

Kompas.com - 27/06/2024, 17:17 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai terus berupaya memperkuat dan mengoptimalisasi kinerja satuan tugas patroli laut untuk memastikan keamanan dan menekan aktivitas ilegal di perairan Batam.

Kepala Pangkalan Sarana Operasi (PSO) Bea Cukai Batam Dafit Kasianto mengatakan, Bea Cukai berperan sebagai garda terdepan dalam memastikan perairan Indonesia tetap aman dan terkendali. 

Patroli laut Bea Cukai di perairan Batam bertujuan mengawasi kelancaran lalu lintas perdagangan dan mengamankan wilayah perairan ini dari potensi ancaman,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (27/6/2024).

 Dia memaparkan, patroli itu dilakukan untuk mengawasi penyelundupan barang yang dilarang dan dibatasi (lartas), narkotika, senjata ilegal, dan bahan berbahaya.

Hasilnya, pada 2023 dan 2024, PSO Bea Cukai Batam dapat membongkar kasus-kasus penyelundupan, seperti penyelundupan 60.000 benih baby lobster senilai Rp 9 miliar.

Baca juga: Tingkatkan Volume Investasi, Bea Cukai Berikan Insentif Fiskal untuk Kawasan Bebas dan KEK di Batam

Ada pula beberapa kasus pemasukan barang larangan dan/atau pembatasan (lartas) pakaian dan sepatu bukan baru (ballpress).

Kemudian, ada juga barang kena cukai hasil tembakau/rokok tanpa dilekati pita cukai serta tongkang tanpa dilengkapi dokumen kepabeanan yang memuat sludge dan light cycle oil.

Dafit menegaskan, patroli laut Bea Cukai di perairan Batam bertujuan melaksanakan fungsi community protector serta berkontribusi pada pembangunan ekonomi. 

Dengan menjamin keamanan perairan, dia berharap akan tercipta lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi lokal serta memberikan rasa aman bagi para pelaku usaha. 

Dengan begitu, potensi investasi dan perdagangan di Batam dapat tumbuh secara signifikan. 

"Kinerja pengawasan Bea Cukai di perairan Batam melalui patroli lautnya juga menjadi simbol komitmen instansi ini dalam menjaga kedaulatan negara, melindungi masyarakat, dan mendukung pertumbuhan ekonomi,” katanya. 

Baca juga: Pelabuhan Tikus Berpotensi jadi Sarang Penyelundupan Barang di Kawasan Bea Cukai Batam

Dafit berharap, upaya itu dapat membuat wilayah perairan Batam tetap aman, damai, dan dapat memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat serta para pelaku industri.

Praktik pengawasan PSO

Seperti diketahui, perairan Batam memiliki wilayah strategis yang dikelilingi pulau-pulau kecil dan terletak di jalur perdagangan internasional. 

Kondisi tersebut membuka peluang peningkatan ekonomi, tetapi juga membuat perairan Batam rawan terhadap tindak kejahatan transnasional, seperti praktik penyelundupan barang. 

Dafit menjelaskan, PSO Bea Cukai berperan melaksanakan pengelolaan dan pengoperasian sarana operasi Bea Cukai dalam menunjang patroli dan operasi pencegahan dan penindakan di bidang kepabeanan dan cukai berdasarkan peraturan perundang-undangan di perairan Batam dan sekitarnya. 

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com