Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Teken Kerja Sama, JNE Beri Garansi Ketepatan Waktu Pengiriman Paket bagi Pelanggan Shopee

Kompas.com - 27/06/2024, 17:17 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) melakukan penandatangan kerja sama dengan platform e-commerce Shopee di Jakarta, Rabu (26/6/2024).

Lewat kerja sama itu, kedua pihak berkomitmen untuk memberikan garansi ketepatan waktu pengiriman bagi seluruh konsumen Shopee melalui program Garansi Tepat Waktu.

JNE sendiri telah bermitra dengan Shopee selama 8 tahun, yakni sejak 2016. Kemitraan terbaru ini akan menambah kepuasan pelanggan Shopee.

Senior Vice President Sales and Business Development JNE Agusnur Widodo mengatakan, kemitraan dengan Shopee bertujuan agar JNE tetap relevan di era digital.

JNE sendiri telah berpengalaman selama lebih dari 30 tahun. Di era digital, JNE pun terus beradaptasi dengan teknologi baru untuk memastikan keandalan operasional dalam pengiriman paket kepada pelanggan.

Terlebih, perkembangan tren belanja online membuat perusahaan logistik memiliki peran strategis karena berkaitan dengan kepuasan pelanggan.

Agusnur menjelaskan, kemitraan JNE dengan Shopee memiliki tujuan yang sama, yaitu memastikan kepuasan pelanggan. Selama 8 tahun bermitra, kedua belah pihak mampu membawa perubahan positif dalam dunia e-commerce dan logistik Indonesia.

Bagi JNE, imbuhnya, kemitraan dengan Shoppe memberikan kemudahan dalam menjawab tantangan, khususnya di tengah perubahan tren belanja yang ada. Apalagi, permintaan volume untuk layanan logistik melalui e-commerce terus meningkat.

“Hal ini perlu diikuti dengan inovasi-inovasi untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan,” ujar Agusnur pada acara Penandatanganan Kerja Sama Shopee dan Mitra Logistik untuk Program Garansi Tepat Waktu, Rabu.

Baca juga: Gandeng 4 Perusahaan Logistik, Shopee Beri Garansi Tepat Waktu

Agusnur menambahkan, konsumen saat ini lebih senang berbelanja di toko online yang mampu memberikan layanan pengiriman secara tepat waktu.

Menurut laporan dari Southeast Asia Ecommerce Logistic Market 2024, 80 persen responden mengaku lebih sering berbelanja di toko online jika paket yang dikirimkan bisa diterima tepat waktu.

Tak hanya itu, sebanyak 87 persen responden menyatakan akan melakukan check-out belanjaan jika toko online menyediakan keterangan perkiraan tepat waktu ketimbang sekadar informasi terkait hari kedatangan paket.

“Untuk itu, paket yang dikirimkan secara tepat waktu tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan, tapi juga mampu memberikan dampak positif bagi pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia,” ucap Agusnur.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto mengapresiasi dan menyambut baik kerja sama dengan perusahaan logistik yang berpartisipasi dalam program Garansi Tepat Waktu, termasuk JNE.

“Kualitas layanan dan kecepatan pengiriman menjadi hal penting untuk pertumbuhan usaha penjual Shopee serta menjaga kepercayaan pembeli,” tuturnya.

Sebagai informasi, melalui kerja sama ini, pelanggan akan mendapat kompensasi berupa voucer Garansi Tepat Waktu sebesar Rp 10.000 jika pesanan yang dikirim Anteraja, JNE, Pos Indonesia, dan SiCepat melewati batas waktu pengiriman. Pelanggan dapat mengklaim voucer sebelum status pesanan berubah jadi pesanan selesai.

Baca juga: Shopee Pastikan Konsumen Bebas Pilih Jasa Pengiriman Barang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com