Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smelter Terbesar di Dunia Freeport Indonesia di Gresik Resmi Beroperasi

Kompas.com - 27/06/2024, 14:58 WIB
Wisnu Nugroho,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Fasilitas smelter atau pemurnian tembaga milik PT Freeport Indonesia (PTFI) secara resmi beroperasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur, Kamis (27/6/2024).

Peresmian smelter ini dilakukan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadia, dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas.

Airlangga menyatakan, operasional smelter tembaga milik Freeport di Gresik ini akan diresmikam oleh Presiden Joko Widodo paling lambat September 2024 mendatang.

Baca juga: Freeport Akan Resmikan Smelter di Gresik Pekan Depan

Peresmian smelter tembaga PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur, Kamis (27/6/2024). KOMPAS.com/WISNU NUGROHO Peresmian smelter tembaga PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur, Kamis (27/6/2024).

"Paling lambat September akan diresmikan operasi produksinya oleh Presiden Joko Widodo," kata Airlangga saat meresmikan fasilitas smelter Freeport Indonesia di Gresik.

Sementara itu, Presiden Direktur Freeport Indonesia Tony Wenas mengatakan, proses pembangunan smelter memakan waktu sekitar 30 bulan, termasuk dua tahun saat pandemi, dan beroperasi sesuai jadwal.

Smelter Freeport di Gresik ini merupakan smelter single line terbesar di dunia. Smelter ini diharapkan mampu memproses bahan baku dari tambang Freeport di Timika, Papua, yang diangkut dengan kapal ke Gresik sebanyak 600.000 sampai 650.000 ton katoda tembaga per tahun.

Sebelumnya, Kapal Mother Vessel (MV) Unitama Lily mengangkut konsentrat tembaga perdana dari Pelabuhan Amamapare, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, telah bersandar di pelabuhan smelter Freeport di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik.

Baca juga: Freeport Mulai Kirim Konsentrat Tembaga ke Smelter Gresik

Pengangkutan perdana ini dilakukan pada Jumat (21/6/2024) lalu.

Kapal tersebut membawa total 22.000 ton konsentrat tembaga di mana 10.000 ton dimurnikan di smelter pertama PTFI, yaitu PT Smelting. Sebanyak 12.000 ton menjadi pasokan utama smelter baru PTFI tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com