Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KEK Nongsa Digital Park Bidik Target Investasi Masuk Indonesia Tembus Rp 40 Triliun

Kompas.com - 28/06/2024, 06:30 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park, Batam, Kepulauan Riau membidik target dapat menarik investasi hingga Rp 40 triliun.

Direkur Taman Resor Internet KEK Nongsa Digital Park Peters Vincen menjelaskan, target tersebut sempat diutarakan di depan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Kami masih progres. Sesuai dengan komitmen kam ke Pak Menko Perekonomian dengan adanya KEK ini kami akan membawa cita-cita dalam membawa investasi sampai Rp 40 triliun," kata dia ketika ditemui di Batam, Kamis (27/6/2024).

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya masih terus mengupayakan untuk dapat mencapai target tersebut.

Baca juga: Tingkatkan Volume Investasi, Bea Cukai Berikan Insentif Fiskal untuk Kawasan Bebas dan KEK di Batam

Peter menegaskan, pihaknya akan mengejar target investasi yang masuk ke Indonesia senilai Rp 40 triliun tersebut hingga 2024.

Dalam upaya menarik investasi tersebut, pihaknya juga tak menyangkal tetap membutuhkan dukungan dari pemerintah.

"Kemenkeu dan Dirjen Bea Cukai sangat responsif dalam melayani kami para pelaku usaha di KEK Nongsa, yang salah satunya adalah dukungannya untuk lalu lintas barang di KEK Nongsa. Juga untuk pembangunan data center di kawasan kami,” ujar Peters.

Baca juga: Wamendag Ajak Pengusaha Inggris Jajaki Investasi di KEK

 


KEK Nongsa ini fokus untuk pengembangan data center, pendidikan untuk menciptakan talenta digital, co-working space, industri kreatif untuk perfilman serta studio animasi dan pariwisata.

Sebagai informasi, KEK Nongsa yang memiliki luas 166,45 hektar ini beroperasi berlandaskan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 68 Tahun 2021 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Nongsa.

Target total investasi untuk KEK ini sebesar Rp 39 triliun. Jumlah itu terdiri atas investasi pembangunan kawasan sebesar Rp 1,3 triliun dan investasi pelaku usaha sebesar Rp 37,7 triliun.

Sementara itu, target penyerapan tenaga kerja sebesar 16.500 orang di 2040, dan telah berhasil terealisasi hingga 1.070 orang pada akhir 2021.

Pada Juni 2023, realisasi investasi di KEK Nongsa mencapai Rp 2,49 triliun. Angka tersebut merupakan akumulasi dari realisasi investasi BUPP KEK Nongsa sebesar Rp 751,8 miliar dan pelaku usaha Rp 1,74 triliun.

Baca juga: Mayapada Healthcare Bakal Bangun Rumah Sakit Internasional di KEK Batam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com