Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI: Depresiasi Rupiah Lebih Rendah dari Mata Uang Negara Lain

Meski begitu, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan depresiasi rupiah tersebut relatif lebih rendah dibandingkan mata uang negara-negara berkembang lainnya. Menurut BI, ringgit Malaysia sudah melemah 6,41 persen, rupee India melemah 7,07 persen, dan baht Thailand menyusut 8,88 persen.

"Depresiasi rupiah year to date tadi kami sampaikan 4,9 persen, lebih rendah dari negara lain Malaysia, Thailand, dan negara lain," ujarnya saat konferensi pers virtual, Kamis (21/7/2022).

Menurut Perry, peningkatan tekanan pada mata uang Garuda ini turut dialami oleh mata uang negara lainnya. Hal ini akibat tingginya ketidakpastian pasar keuangan yang disebabkan pengetatan kebijakan moneter yang lebih agresif.

Hal itu dilakukan berbagai negara untuk merespons peningkatan tekanan inflasi dan kekhawatiran perlambatan ekonomi global.

Namun BI memastikan volatilitas nilai tukar rupiah tetap terjaga meskipun terjadi depresiasi. Salah satunya dengan mengintervensi pasar keuangan dan menjaga likuiditas rupiah tetap di level yang optimal.

"Ke depan, Bank Indonesia terus mencermati perkembangan pasokan valas dan memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar Rupiah sesuai dengan bekerjanya mekanisme pasar dan nilai fundamentalnya untuk mendukung upaya pengendalian inflasi dan stabilitas makroekonomi," jelas Perry.

https://money.kompas.com/read/2022/07/21/202407826/bi-depresiasi-rupiah-lebih-rendah-dari-mata-uang-negara-lain

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke