Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyaluran Kredit UMKM BRI Tumbuh 9,81 Persen, Tanda Pelaku UMKM Mulai Bangkit

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengatakan, pada Semester I 2022 porsi penyaluran kredit UMKM menjadi yang terbesar (83,27 persen) dibandingkan segmen kredit BRI lainnya, yaitu Rp 920 triliun.

Namun secara pertumbuhan, penyaluran kredit segmen UMKM hanya tumbuh 9,81 persen secara tahunan.

Angka pertumbuhan segmen UMKM terbesar kedua setelah pertumbuhan kredit segmen mikro yang sebesar 15,07 persen, tapi penyaluran kredit segmen mikro hanya Rp 518,79 triliun di Semester I 2022.

"Kredit UMKM BRI yang tumbuh nyaris double digit ini merupakan sinyal kuat bahwa saat ini pelaku UMKM sudah mulai bangkit dan kembali beraktivitas secara normal," ujarnya saat konferensi pers virtual, Rabu (27/7/2022).

Kendati demikian, porsi penyaluran kredit kepada segmen UMKM tersebut disebut masih belum maksimal karena di bawah target perseroan.

Untuk itu, ke depannya, BRI akan memfokuaskan portofolio kredit ke segmen UMKM sebagai salah satu strategi usaha perseroan.

"Sekarang memang porsi kredit kepada UMKM telah mencapai 83,27 persen. Ini pun kami menyatakan masih kurang karena kita ingin nanti pada akhirnya porsi kredit UMKM harus mencapai 85 persen kita targetkan itu di 2024-2025," tegas Sunarso.

Namun untuk saat ini penyaluran kredit UMKM yang mampu tumbuh hampir double digit di tengah pemulihan ekonomi menjadi harapan bagi BRI untuk mencapai target tersebut.

"Dengan semakin sehatnya pelaku UMKM maka kami optimis bahwa hal tersebut akan mendorong pertumbuhan kredit BRI serta pertumbuhan kredit secara nasional," ucapnya.


Penyaluran kredit BRI secara keseluruhan tumbuh 8,75 persen

Secara keseluruhan, BRI telah menyalurkan kredit di Semester I 2022 sebesar Rp 1.104,79 triliun, tumbuh 8,75 persen secara tahunan.

Secara rinci, porsi penyaluran kredit BRI paling besar di segmen UMKM sebesar Rp 920 triliun. Lalu diikuti segmen mikro sebesar Rp 518,76 triliun, segmen kecil dan menengah Rp 246,48 triliun, segmen korporasi Rp 184,78 triliun, dan segmen konsumer Rp 154,76 triliun.

Adapun, penyaluran kredit BRI kepada seluruh segmen pinjaman tercatat tumbuh positif di periode ini, dengan pertumbuhan kredit di segmen mikro sebesar 15,07 persen, segmen UMKM tumbuh 9,81 persen, segmen konsumer tumbuh 5,27 persen, segmen korporasi 3,76 persen, dan segmen kecil dan menengah tumbuh 2,71 persen.

https://money.kompas.com/read/2022/07/27/135000326/penyaluran-kredit-umkm-bri-tumbuh-9-81-persen-tanda-pelaku-umkm-mulai-bangkit

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+