Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Harga Telur Ayam Tertinggi Sepanjang Sejarah | Menhub: Kalau Mau Tiket Murah, Naik Pesawat di Hari Kerja

Harga telur ayam naik tertinggi sepanjang sejarah, hingga mencapai Rp 31.000 per kilogram (kg) di sejumlah pasar tradisional dan agen telur di beberapa wilayah. Apa penyebabnya?

Ketua Paguyuban Peternak Rakyat Indonesia (PPRN) Alvino Antonio mengatakan, salah satu alasan mengapa harga telur ayam naik adalah karena adanya program Bantuan Sosial alias Bansos dari pemerintah yang sengaja dimanfaatkan oleh oknum untuk menaikan harga.

"Pemerintah mengadakan bansos, ada berupa minyak goreng, telur, dan daging ayam ke masyarakat. Tentu dengan adanya bansos ini, demand untuk telur naik yang membuat stoknya dikit. Nah ini sengaja dimanfaatkan 'digoreng' supplier menaikkan harga, yah hukum ekonomi lah," ujar Alvino saat dihubungi Kompas.com, Senin (22/8/2022).

"Sebenarnya tujuan bansos ini juga membantu peternak menyerap telurnya agar harga tidak anjlok. Tapi yah memang dugaan kami ada yang sengaja menggoreng," sambung Alvino.

Selengkapnya simak di sini

2. Dirut Jhonlin Agro Raya Mengundurkan Diri, Ini Alasannya

Direktur Utama (Dirut) PT Jhonlin Agro Raya Tbk (JARR), Zafrinal, mengundurkan diri dari perusahaan yang baru melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada awal Agustus 2022.

Hal itu terungkap dari surat pengunduran diri Zafrinal yang dibuat untuk Komisaris Utama Jhonling Agro Raya, Jhony Saputra, dan dimuat dalam laman keterbukaan informasi BEI.

"Berdasarkan pertimbangan kegiatan proyek baru di luar perseroan yang tidak bisa ditinggalkan, bersama surat ini saya menyatakan mengundurkan diri dari jabatan Direktur Utama PT Jhonlin Agro Raya Tbk (Perseroan)," tulis Zafrinal, dikutip Senin (22/8/2022).

Lebih lanjut ia bilang, untuk menjaga proses tata kelola perusahaan yang baik, pengunduran dirinya mulai berlaku efektif sejak disetujui dalam gelaran Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perseroan.

Baca selengkapnya di sini

3. Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 42 Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 42 telah dibuka sejak Minggu (21/8/2022). Informasi pembukaan pendaftaran kartu Prakerja Gelombang 42 ini disampaikan pihak manajemen melalui akun Instagram @prakerja.go.id.

Bagi yang belum lolos pada gelombang sebelumnya, bisa langsung login Prakerja Gelombang 42.

Caranya dengan login ke dasboard prakerja.go.id menggunakan email dan password akun yang sudah didaftarkan sebelumnya. Selanjutnya, klik "Gabung Gelombang" Kartu Prakerja Gelombang 42. Setelah itu, tunggu pengumuman peserta yang lolos seleksi Prakerja Gelombang 42 di dashboard.

Sementara bagi yang belum punya akun, bisa segera mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 42 melalui laman resmi Prakerja di https://www.prakerja.go.id/. Namun demikian, Anda harus memenuhi syarat daftar Kartu Prakerja terlebih dahulu.

Simak selengkapnya di sini

4. Menhub: Kalau Mau Tiket Murah, Naik Pesawat di Hari Kerja dan Siang Hari

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya mendukung inovasi yang akan dilakukan Lion Air Group bersama BNI untuk memberikan harga tiket pesawat yang terjangkau, khususnya di hari-hari kerja (weekdays) pada siang hari.

Budi mengatakan, kebiasaan masyarakat menggunakan pesawat di hari libur pada pagi dan sore hari harus diubah.

"Hal ini juga akan mengubah kebiasaan masyarakat yang biasanya menggunakan pesawat di pagi atau sore hari dan di hari libur. Jadi kalau mau tiket yang tidak mahal, naiknya bisa di hari kerja dan siang hari," kata Menhub Budi ditemui di Terminal 1B Bandara Soekarno Hatta, Senin (22/8/2022).

Budi mengajak seluruh pemangku kepentingan di sektor penerbangan, khususnya maskapai, untuk bersama-sama pulih dan bangkit lebih cepat, mesk saat ini dihadapkan pada situasi sulit akibat keterbatasan pesawat maupun awak/kru akibat pandemi Covid-19.

Selengkapnya baca di sini

5. Laba Xiaomi Anjlok 83 Persen, Miliarder China Lei Jun Kehilangan Separuh Kekayaannya

Kinerja perusahaan smartphone asal China, Xiaomi, terpukul akibat gejolak ekonomi global. Hal ini turut memengaruhi kekayaan pendirinya yakni Lei Jun, karena kekayaannya ikut menyusut dibandingkan tahun lalu.

Perusahaan yang berkantor pusat di Beijing itu mencatatkan laba bersih sebesar 200 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,96 triliun (asumsi kurs Rp 14.800 per dollar AS) pada kuartal II-2022.

Kinerja Xiaomi itu anjlok 83 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Laba bersih dalam tiga bulan hingga Juni 2022 dari tahun sebelumnya menjadi 1,36 miliar yuan atau 200 juta dollar AS, di tengah berlanjutnya hambatan ekonomi makro global," ungkap perusahaan itu dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Forbes, Senin (22/8/2022).

Simak selengkapnya di sini

https://money.kompas.com/read/2022/08/23/054000526/-populer-money-harga-telur-ayam-tertinggi-sepanjang-sejarah-menhub--kalau-mau

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke