Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kaleidoskop 2022: Perjalanan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Menjelang beroperasi, sepanjang 2022 ini proyek kereta cepat telah melewati berbagai hal. Seperti pada 17 Januari 2022, Presiden Jokowi menyebutkan progres pembangunan kereta cepat telah mencapai 79,9 persen.

Kemudian, pada November 2022, Presiden Jokowi bersama Presiden China Xi Jinping menyaksikan uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung dalam rangkaian perhelatan KTT G20 di Bali.

Sementara itu, hingga Desember 2022, progres konstruksi pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung mencapai 91,7 persen. Kereta cepat akan melewati empat stasiun yaitu Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar.

Berikut ini rangkuman perjalanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung selama 2022:

1. Kecelakaan Kereta teknis 2 orang meninggal

Pada Minggu, 18 Desember 2022, rangkaian kereta teknis dalam proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung mengalami kecelakaan di Cempaka Mekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, kereta kerja tersebut berupa lokomotif diesel dan mesin pemasang rel yang dioperasikan Kontraktor Sinohydro.

"Jadi di sini, yang keluar jalur adalah Kereta Kerja bukan rangkaian Kereta Cepat," kata Dwiyana dalam keterangannya, Senin (19/12/2022).

Dwiyana menyampaikan ada 6 orang korban akibat kecelakaan kereta teknis tersebut yang terdiri dari 2 orang meninggal dunia, 2 orang luka sedang/berat, dan 2 orang luka ringan.

"Semua merupakan teknisi dari Kontraktor Sinohydro dan berwarga negara Tiongkok," ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan, pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung harus dihentikan sementara untuk dilakukan investigasi atas kecelakaan kereta teknis tersebut.

"Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kegiatan pembangunan akan dihentikan sementara untuk dilakukan proses investigasi lebih lanjut," kata Adita dalam keterangan tertulis.

Adita mengatakan, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub telah mengerahkan personil untuk mengidentifikasi insiden tersebut.

Ia mengatakan, setelah identifikasi dan investigasi, tim akan melaporkan temuannya dan hasil rekomendasi yang dijadikan acuan untuk meningkatkan aspek keselamatan pada proyek pembangunan perkeretaapian.

"Direktorat Jenderal Perkeretaapian akan memastikan bahwa insiden ini akan dijadikan pelajaran penting untuk mencegah berulangnya insiden serupa," ujarnya.

2. Balik modal 38 Tahun

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan, berdasarkan studi yang dilakukan, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung baru akan balik modal setelah 38 tahun beroperasi

"Sesuai perhitungan Feasibility Study itu (balik modal) 38 tahun," kata Didiek dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR, Jakarta, Rabu (9/11/2022).

Senada dengan Didiek, Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet mengatakan, berdasarkan perhitungan konsultan KCIC, proyek kereta cepat baru balik modal setelah 38 tahun.

"Jadi tentunya konsultan yang kami tunjuk, itu berdasarkan FS Feasibility Study itu balik modal setelah 38 tahun," kata Dwiyana.

3. Pembengkakan biaya

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pembengkakan biaya atau cost overrun Kereta Cepat Jakarta-Bandung sebesar 1,449 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 21,4 triliun.

Karenanya, Kementerian BUMN meminta persetujuan penambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) 2022 kepada DPR sebesar 3,2 triliun.

Ia menjelaskan, penanganan cost overrun ini dilakukan melalui skema ekuitas 25 persen yang dipenuhi dari konsorsium Indonesia sebesar 60 persen dengan tambahan PMN Rp 3,2 triliun dan konsorsium China 40 persen atau sebesar Rp 2,1 triliun.

Kemudian, sisanya 75 persen atau Rp 16 triliun berasal dari pinjaman China Development Bank (CDB).

"Jadi ini kami meyakini apabila dukungan PMN (Rp 3,2 triliun) dan CDB (Rp 16 triliun) bisa cair bulan Desember ini, Insya Allah schedule (operasi kereta cepat) Juni Juli kita capai," kata Tiko dalam rapat kerja bersama Komisi VI DPR, Rabu (23/11/2023).

Kemudian, pada kesempatan yang sama, Komisi VI DPR RI menyetujui tambahan PMN 2022 PT KAI sebesar Rp 3,2 triliun untuk penyelesaian proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

4. Masa konsesi 80 tahun

PT KCIC sebagai pengelola Kereta Cepat Jakarta-Bandung meminta masa konsesi kereta cepat diperpanjang yaitu dari 50 tahun menjadi 80 tahun.

Pelaksana Tugas (PLT) Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan, permintaan perpanjangan masa konsesi tersebut disampaikan PT KCIC pada 15 Agustus 2022.

"Hal ini disampaikan melalui surat Dirut PT KCIC Nomor 0155/HF/HU/KCI/C08 2022 tanggal 15 Agustus 2022 disampaikan bahwa PT KCIC meminta kepada Kemenhub agar dilakukan penyesuaian terhadap masa konsesi KCJB," kata Risal dalam rapat kerja Komisi V DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Risal mengatakan, urgensi dari pengajuan perpanjangan masa konsesi Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini di antaranya yaitu, untuk meningkatkan indikator kelayakan proyek kereta cepat dalam memenuhi kebutuhan pendanaan cost ovverun atau pembengkakan biaya.

Kemudian, untuk menjaga kesinambungan proyek KCJB sehingga dapat memaksimalkan dampak positif penyelenggaraannya di berbagai aspek.

"Baik itu sosial, ekonomi, politik, lingkungan, ekonomi, teknologi, dan pendidikan serta kontribusi pada pendapatan negarazm yang dapat menguntungkan stakeholder dan masyarakat," ujarnya.

Meski demikian, hingga saat ini, pemerintah belum memberikan persetujuan terkait usulan perpanjangan masa konsesi tersebut.

5. Tarif kereta cepat

Berdasarkan perhitungan PT KCIC, tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dikenakan sebesar Rp 350.000 untuk jarak terjauh.

Meski demikian, Dirut PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, Kementerian Perhubungan meminta agar tarif yang dikenakan sebesar Rp 250.000 untuk tiga tahun pertama.

"Kemenhub meminta agar harga tertinggi kareta cepet Rp 250.000 selama tiga tahun untuk masa awal," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2022/12/27/123900926/kaleidoskop-2022--perjalanan-proyek-kereta-cepat-jakarta-bandung-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke