Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mendag Zulhas Bakal Hapus Persyaratan Subsidi Kedelai

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) mengatakan, kebijakan tersebut dilakukan agar para perajin tahu dan tempe tidak lagi merasa terbebankan dengan semua persyaratan yang ada.

“Saya sedang perjuangkan agar subsidi harga kedelai itu tidak ada persyaratan,” ujar Mendag Zulhas di Jakarta, Kamis (19/1/2023).

Lebih lanjut Zulhas mengakui bahwa dirinya juga mengusulkan agar subsidi kedelai tidak lagi diberikan langsung ke perajin tahu tempe namun diberikan langsung kepada importir. 

Walau demikian, Zulhas bilang, rencana ini belum mendapat kesepakatan penuh dari berbagai pihak sehingga persoalan ini masih dalam tahap proses yang sedang diupayakan oleh Kementeriannya.

“Tapi subsidinya harga gitu, jadi pemerintah mesti membayar kepada importirnya, kalau pakai persyaratan itukan susah sekali mengurusnya. Saya berharap subsidinya dapat lengser, subsidinya subsidi harga tapi belum mendapatkan kesepakatan,” ujar Zulhas.

Dengan masuk ke koperasi nantinya data para perajin tahu tempe bisa segera divalidasi sehingga bantuan subsidi kedelai bisa langsung disalurkan.

"Mereka yang mau subsidi justru harus masuk ke koperasi-koperasi, terus koperasinya ke kita. Nanti ada validasinya, kalau enggak masuk koperasi saya taunya dia perajin tahu tempe dari mana kalau enggak dari teman-teman asosiasi," ujarnya saat meninjau kebutuhan pokok di ritel Hypermart Puri Indah Jakarta, Kamis (8/12/2022).

https://money.kompas.com/read/2023/01/19/195000226/mendag-zulhas-bakal-hapus-persyaratan-subsidi-kedelai

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke