Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pesan Sri Mulyani ke Petugas Bea Cukai: Perbaiki Layanan, Jangan Semua Barang Orang Diacak-acak

Bendahara negara itu meminta kepada petugas Bea Cukai untuk tidak sembarangan mengacak-acak bawaan masyarakat dari luar negeri. Sebab, hal ini justru dapat memicu emosi masyarakat.

"Jangan sampai semua orang kemudian diadul-adul barangnya yang mebuat marah," kata dia, dalam Rapat Kerja Komisi XI DPR RI, Senin (27/3/2023).

Lebih lanjut Sri Mulyani bilang, seharusnya petugas Bea Cukai melakukan pelayanan berdasarkan risk management dan mengoptimalkan profiling. Hal-hal ini yang kemudian dapat menghindari pelayanan tidak mengenakan kepada masyarakat.

"Dan juga terus lakukan monitoring agar pelayanan jadi bagus," ujarnya.

Namun demikian, wanita yang akrab disapa Ani itu menyadari, dengan jam kerja hingga larut malam, petugas Bea Cukai sudah bekerja luar biasa. Oleh karenanya, Ia pun mengapresiasi kinerja petugas Bea Cukai.

"Jadi ini memang tugas yang tidak ringan, tapi kami juga tahu kami harus tetap melayani," ucapnya.

Sebagai informasi, aksi acak-acak koper oleh petugas Bea Cukai sempat ramai dibicarakan netizen, setelah putri sulung mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Alissa Qotrunnada, menceritakan pengalamannya di kanal media sosial, Twitter.

Lewat rangkaian cuitan di akun Twitter @AlissaWahid, Alissa menceritakan pengalaman tidak mengenakkannya dengan petugas Bea Cukai. Rangkaian cuitan itu ia buat sebagai komentar dari cuitan yang menyebutkan perlakuan buruk oleh petugas Bea Cukai terhadap tenaga kerja wanita (TKW).

https://money.kompas.com/read/2023/03/27/192742826/pesan-sri-mulyani-ke-petugas-bea-cukai-perbaiki-layanan-jangan-semua-barang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke