Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

H-4 Lebaran, Pelabuhan hingga Jalan Tol Mulai Dipadati Pemudik

Hal ini berdasarkan pantauan Kompas.com dari CCTV Posko Angkutan Lebaran 2023 Kementerian Perhubungan pada siang ini.

Arus mudik di 19 pelabuhan besar, pada Selasa siang terpantau ramai di beberapa titik, yaitu di Pelabuhan Banjarmasin, Pelabuhan Gresik, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Tanjung Perak, dan Pelabuhan Tanjung Pinang. Pelabuhan Balikpapan, Makassar, dan Dumai terlihat cukup ramai penumpang.

Sementara untuk Pelabuhan Benoa, Ende, Palembang, Parepare, Pontianak, Sampit, Tanjung emas, Tanjung Pandan, Tanjung Priok, dan Tarakan terpantau masih sepi penumpang.

Mengutip data website Siasati, jumlah penumpang di transportasi laut sebanyak 38.870 orang. Angka ini masih di bawah jumlah penumpang pada H-7 Lebaran atau Sabtu (15/4/2023) yang mencapai 73.131 orang.

Sedangkan arus mudik di transportasi udara, terpantau sudah dipadati oleh para pemudik terutama untuk bandara-bandara besar.

Keramaian terjadi di Bandara Soekarno Hatta, Bandara Adi Soemarno, Bandara Juanda Surabaya, Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, dan Bandara Minangkabau Padang.

Jumlah penumpang pada transportasi udara di H-4 Lebaran ini sebanyak 86.144 orang. Angka ini masih belum melampaui jumlah penumpang pada H-7 yang mencapai 239.157 orang.

Kemudian untuk pantauan kondisi stasiun kereta api, masih banyak stasiun yang terlihat sepi pengunjung.

Adapun stasiun yang sudah dipadati penumpang pada siang hari ini, di antaranya Stasiun Senen, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Jember, Stasiun Medan, Stasiun Lubuk Linggau, Stasiun Purwokerto, Stasiun Semarang Tawang, dan Stasiun Tanjung Karang.

Jumlah penumpang kereta api pada siang hari ini sebanyak 72.511 orang, atau masih di bawah realisasi penumpang H-7 Lebaran yang mencapai 137.732 orang.

Selanjutnya, berdasarkan pantauan CCTV dari lama BPJT, arus lalu lintas di sebagian besar ruas jalan tol terlihat masih lancar, di antaranya di 6 Tol Dalam Kota (Kelapa Gading-Pulo Gebang), akses Tanjung Priok lancar, Tol Cipularang, dan Tol Gempol Pasuruan lancar.

Kemudian terlihat kepadatan di beberapa titik Tol Palimanan-Kanci cukup ramai di rest area KM 207A dan KM 188+800 dan di beberapa titik Tol Semarang ABC. Namun mobil masih bisa bergerak lancar.

Berdasarkan data dari website Siasati, jumlah pemudik di angkutan darat sebayak 75.143 kendaraan pada H-4 siang ini. Angka ini masih di bawah jumlah kendaraan pada H-6 yang mencapai 154.391 kendaraan.

https://money.kompas.com/read/2023/04/18/160242026/h-4-lebaran-pelabuhan-hingga-jalan-tol-mulai-dipadati-pemudik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke