Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menteri ESDM Sebut Shell Akhirnya Banting Harga Lepas Blok Masela ke Pertamina

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan, hak partisipasi atau participating interest (PI) Shell di Blok Masela sebesar 35 persen akan diambil alih oleh PT Pertamina (Persero).

Menurutnya, harga pelepasan hak partisipasi tersebut jauh lebih rendah dari angka yang sebelumnya disebut-sebut mencapai 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 14,8 triliun (asumsi kurs Rp14.800 per dollar AS).

"(Shell) akuisisi. (Tetap) 35 persen dan angkanya enggak segitu (1 miliar dollar AS)," ujar Arifin saat ditemui di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Ia menuturkan, pemerintah pun akan melakukan evaluasi terhadap rencana pengembangan atau plant of development (POD) Blok Masela.

Lantaran, dalam pengembangan proyek gas Blok Masela akan memasukan kegiatan penangkapan, pemanfaatan, dan penyimpanan karbon atau carbon capture, utilisation dan storage (CCUS).

"Kan POD 1, ada POD 2 karena akan ada kegiatan karbonnya mesti di-capture jangan sampai keluar. Kan pendanaan untuk ke proyek-proyek fosil ini agak mendapatkan tekanan, kurang mau kecuali untuk energi terbarukan," jelasnya.

"Jadi supaya gas ini menjadi gas bersih jadi harus dimasukkan (CCUS), bisa saja ada cost (biaya) tapi kita minta cost-nya jangan sampai membebankan harga gas, terutama untuk dalam negeri," lanjut Arifin.

Soal pembeli gas, dia bilang, sudah ada komitmen dari sejumlah pihak yang nantinya akan mengambil gas dari Blok Masela.

"Sudah ada, paling enggak MoU, komitmen untuk offtake selain domestik juga ada beberapa. Kita prioritaskan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri," ungkap dia.

https://money.kompas.com/read/2023/06/09/191000426/menteri-esdm-sebut-shell-akhirnya-banting-harga-lepas-blok-masela-ke-pertamina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke