Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Strategi Atur Keuangan Hadapi 2024, Lunasi Utang dan Perbanyak Tabungan

Perencana keuangan Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho mengatakan, pada dasarnya dalam menghadapi 2024, masyarakat harus memperhatikan pelunasan utang dan menambah jumlah tabungan.

"Sebisa mungkin memiliki sumber penghasilan tambahan yang berfungsi sebagai passive income," kata dia kepada Kompas.com, Selasa (28/11/2023).

Ia menambahkan, hal tersebut penting dilakukan agar masyarakat bisa mencapai kebebasan finansial.

Salah satu indikator orang disebut bebas finansial adalah ketika penghasilan seseorang lebih besar daripada kebutuhannya.

"Bahkan tanpa kita harus bekerja secara langsung," imbuh dia.

Di sisi lain Andy menjelaskan, pengurangan utang berarti menjaga persentase utang terhadap pendapatan maksimal sebesar 30 persen.

Ketika seseorang mendapati persentase utang melebihi 30 persen, Andy berharap masyarakat tidak menambah utang terlebih dahulu.

Andy mengimbau, ketika masyarakat membuat utang baru, sebaiknya untuk membeli barang-barang produktif demi mendatangkan pendapatan tambahan.

Di sisi lain, utang juga diperkenankan ketika digunakan untuk keperluan barang investasi seperti rumah atau kendaraan bermotor untuk dijadikan motor atau taksi online, handphone untuk aktivitas digital marketing atau konten kreator.

Sebaliknya, masyarakat diminta tidak berutang untuk konsumsi hal-hal yang hanya mengikuti kesenangan dan keinginan saja.

"Fenomena saat ini banyak orang yang terjebak pada utang pinjol ataupun paylater, dan kebanyakan karena hanya mengikuti keinginan dan gaya hidupnya," tutup dia.

https://money.kompas.com/read/2023/11/28/170000426/strategi-atur-keuangan-hadapi-2024-lunasi-utang-dan-perbanyak-tabungan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke