Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Proyek di IKN yang Selesai Dibangun pada 2024 | Investasi Asing di IKN Rp 50 Triliun

1. Daftar Proyek IKN yang Selesai Dibangun pada 2024

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Tahap 1 di Kalimantan Timur, rampung pada 2024.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga mengatakan, saat ini progres pembangunan konstruksi dasar IKN Tahap I masih sesuai rencana yakni sudah mencapai 62,65 persen.

Adapun yang dimaksud ialah proyek yang kontrak kerjanya telah dimulai sejak 2021 seperti pembangunan Jalan Tol Akses IKN tahap 1, Bendungan Sepaku Semoi, Istana Negara, dan Kantor Presiden.

Selengkapnya, silakan cek di tautan ini.

2. Jangan Paksakan Kewajiban Sertifikasi Halal Hanya demi Peringkat SGIE

Setelah diundangkan sejak 2014, UU Jaminan Produk Halal masih mengalami berbagai kendala pelaksanaan. Salah satunya ketidaksiapan rantai pasok pendukung industri halal di sisi hulu.

Hal ini krusial, karena aneka bahan dasar pangan yang digunakan banyak pelaku usaha skala mikro, belum kantongi Sertifikat Halal (SH). Kondisi itu membuat banyak pelaku usaha tak dapat memenuhi persyaratan.

Sebut saja Bu Nanik, seorang produsen kripik jamur dan abon daging. Dalam usahanya, ia gunakan tepung buatan kelompok tani yang belum bersertifikat halal.

Selengkapnya tentang SGIE, silakan klik di sini.

3. Bahlil Klaim Investasi Asing di IKN Sudah Capai Rp 50 Triliun

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI Bahlil Lahadalia menyebut investasi asing yang sudah masuk ke proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sejauh ini sudah menembus Rp 50 triliun.

Bahlil bilang, investasi asing tersebut meliputi aliran modal untuk pembangunan perhotelan, mal, pendidikan, dan rumah sakit. Pemodal dari luar negeri yang sudah menanamkan investasinya itu berasal dari Asia dan Eropa.

Namun demikian, Bahlil enggan membeberkan identitas para investor asing tersebuit.

Rincian investasi asing di IKN dapat disimak di sini.

4. Rincian Harga Emas Hari Ini di Pegadaian 24 Desember 2023

Harga emas batangan Antam pada Minggu (24/12/2023), dibanderol seharga Rp 1.161.000 atau naik Rp 4.000 apabila dibandingkan hari Sabtu kemarin.

Kemudian untuk harga emas batangan pecahan 0,5 gram dibanderol seharga Rp 632.000 dan harga emas batangan Antam 2 gram dipatok Rp 2.260.000.

Sementara harga emas batangan yang dirilis PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) 1 gram dipatok seharga Rp 1.132.000 atau naik Rp 1.000 dibanding sehari sebelumnya.

Rincian harga emas selengkapnya bisa dilihat di tautan ini.

5. TKN: Prabowo-Gibran Tidak Berencana Menaikkan "Rate" Pajak

Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional atau TKN Prabowo-Gibran, Dradjad Wibowo menekankan bahwa pihaknya tidak berencana untuk menaikkan pajak.

Drajat menekankan, paslon Prabowo-Gibran akan membentuk Badan Penerimaan Negara (BPN) untuk meningkatkan penerimaan negara, termasuk dari pajak yang selama ini tidak terkumpulkan.

“Kita enggak ada rencana menaikkan rate pajak. Tidak ada rencana dari Prabowo-Gibran untuk menaikkan rate pajak, tapi kita akan mengumpulkan yang tidak terkumpulkan itu,” kata Drajad kepada Kompas.com, Minggu (24/12/2023).

Selengkapnya, silakan cek tautan ini.

https://money.kompas.com/read/2023/12/25/060000626/-populer-money-proyek-di-ikn-yang-selesai-dibangun-pada-2024-investasi-asing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke