Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BUMN Suka Jadi Sponsor Olahraga, Erick Thohir: Ini Apresiasi, Tanpa Paksaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengakui perusahaan pelat merah sering menjadi sponsorship pada sektor olahraga. Menurutnya, pemberian sponsor itu bukanlah paksaan, melainkan apresiasi bagi sektor olahraga Indonesia.

"Tentu ini apresiasi, tanpa paksaan," ujar Erick saat ditemui di TMII, Jakarta, Minggu (5/5/2024).

Ia menuturkan, dana corporate social responsibility (CSR) BUMN selain memang difokuskan pada sektor pendidikan, lingkungan, dan UMKM, tapi juga untuk kegiatan kemasyarakatan seperti pertandingan olahraga.

Adapun beberapa BUMN yang memberikan sponsor ke sektor olahraga, yakni PT PLN (Persero) menjadi sponsor olahraga voli. Kemudian ada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang menjadi sponsor olahraga badminton atau bulutangkis.

Lalu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan Pegadaian menjadi sponsor olahraga bola. Selain itu, ada pula PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menjadi sponsor olahraga basket dan golf.

Menurut Erick, pemberian sponsor itu sejalan dengan perkembangan sektor olahraga di Indonesia. Hal ini sekaligus mendukung branding BUMN di tengah tingginya antusias publik terhadap olahraga tersebut.

"Seperti ada PLN ke voli, itu kenapa? Ya memang karena cocok PLN sama voli. Voli ini sebuah olahraga yang populer, yang digandrungi masyarakat menengah," kata dia.

"Lalu kenapa BNI ke bulutangkis? Ya memang BNI ini bank internasional kita, dan bulu tangkis kita memang sudah menggema di seluruh dunia," imbuh Erick.


Maka dari itu, ia menyebut, langkah para BUMN menjadi sponsorship olahraga memberikan manfaat bagi BUMN maupun sektor olahraga itu sendiri. Ini juga dilakukan BUMN sebagai apresiasi mereka terhadap perkembangan sektor olahraga Indonesia.

"Jadi brand ketemu brand, atau merek ketemu brand saling mendukung. Dan terbukti apa yang dilakukan selama ini sangat bermanfaat," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2024/05/05/210606026/bumn-suka-jadi-sponsor-olahraga-erick-thohir-ini-apresiasi-tanpa-paksaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke