Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Omzet Pegadaian Kanwil X Jabar Capai Rp 5,45 Triliun pada Semester I 2024

“Untuk Juni ini saja sudah Rp 77 miliar, biasanya rata-rata itu kita mendapatkan omzet itu Rp 60 miliar per bulan, ini sudah Rp 77 miliar berarti ada peningkatan yang luar biasa,” ungkap Maryono di sela-sela Khitanan Massal di Kantor Pegadaian Bandung, Rabu (3/7/2024).

Menurutnya, peningkatan tersebut disebabkan tingginya kebutuhan masyarakat jelang tahun ajaran baru.

Maryono menjelaskan, dari capaian kinerja Pegadaian Kanwil X Jawa Barat, menurutnya 80 persen di antaranya disumbang oleh gadai perhiasan. Sementara sisanya disumbang penyaluran dana atau sektor mikro.

Selain itu, Pegadaian Kanwil X Jawa Barat juga mencatatkan nasabah Tabung Emas hingga semester I 2024 sudah melampaui target 2024, yakni mencapai 120 persen atau mencapai 20.000 nasabah dari target 2024 18.000-an nasabah.

“Peningkatannya luar biasa karena tabung emas dari awal tahun sudah diinformasikan, nabung mas ini masa depan. Pegadaian itu kami ada target untuk nasabah yang tercapai 0,5 gram itu kami sudah tercapai 120 persen dari target 2024,” jelasnya.

Bahkan, isu emas palsu Antam justru berdampak positif terhadap pertumbuhan transaksi emas di Pegadaian.

“Enggak berpengaruh, justru berdampak positif ya, masyarakat malah menjadi ruang sosialisasi bagi Pegadaian terkait produk kita,” ungkapnya.

Ia menduga peningkatan transaksi emas di Pegadaian lantaran meningkatnya kesadaran dan kebutuhan masyarakat setelah melalui pandemi Covid-19 di mana harga emas justru melambung tinggi.

“Sebenarnya tingkat kesadaran, kalau tingkat literasi dari kita sendiri kita merasa belum maksimal karena masyarakat tuh sadar saat krisis kita butuh emas, akhirnya mereka mencari. Makanya ini pekerjaan rumah buat kami untuk terus melakukan literasi. Dengan menggandeng kampus atau lembaga lainnya,” ungkapnya.

https://money.kompas.com/read/2024/07/03/111500026/omzet-pegadaian-kanwil-x-jabar-capai-rp-5-45-triliun-pada-semester-i-2024

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke