Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelelangan Pengadaaan Barang Depkominfo Lewat Internet

Kompas.com - 16/01/2009, 20:00 WIB

JAKARTA, JUMAT- Departemen Komunikasi dan Informasi meluncurkan sistem pengadaan barang dan jasa melalui Website Sistem e-Pengadaan Pemerintah (SePP). Sistem ini diharapkan akan lebih terbuka, sebab semua dapat mengakses dan dapat menjadi peserta untuk memenangi setiap tender.

"Depkominfo yang diberi tugas memanfaatkan secara optimal IT telah dapat membuktikan, salah satunya lewat sistem ini," kata Menteri Komunikasi dan Informasi Muhammad Nuh saat peresmian di Departemen Kominfo Jakarta Jumat(16/1).

Sebagai awal, sebanyak enam paket pengadaan senilai total Rp 7.839.723.400 ditawarkan melalui sistem ini. Paket tersebut berasal dari satuan kerja di lingkungan Kesekjenan, Ditjen Aptel dan Ditjen Postel.

"Pengadaan awal ini untuk menjaga momentum awal sekaligus merealisasikan anggaran 2009. Sehingga secepatnya dapat dinikmati masyarakat," tambah Nuh.

Nuh mengungkapkan, tren partisipasi lelang online ini memperlihatkan grafik positif dari tahun ke tahun. Tahun 2007 dengan 47 paket telah menarik 147 peminat. Tahun 2008 dengan 64 paket ditambah 78 lewat otorita batam, jumlah peminat meningkat mencapai 523. Sedangkan tahun 2009, setelah sistem lebih disempurnakan dan ada lebih dari 100 paket anggaran, jumlah peminat diperkirakan mencapai 757.

"Angka tersebut memperlihatkan tingkat kompetisi akan semakin baik dan tentu akan memperoleh pemegang tender dengan kualitas yang bagus," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com