Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu: "Tax Ratio" Akan Terus Ditingkatkan

Kompas.com - 22/06/2009, 17:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah akan terus meningkatkan tax ratio dari sisi pengumpulan pajak. Untuk saat ini, tax ratio Indonesia terhadap gross domestic product (GDP) sekitar 13,5 persen.

Demikian disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Senin (22/6). 

"Kita akan terus memperbaiki tax ratio, dari sisi bagaimana pengumpulan pajak. Pengumpulan tersebut berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan, dan tanpa menimbulkan dampak seolah-olah wajib pajak terintimidasi dan sebagainya," ujar Menkeu. 

Menkeu menambahkan, saat ini memang belum terlihat adanya kenaikan dari tax ratio. Hal itu disebabkan dalam lima tahun ini pemerintah sedang membangun fondasi dan sistem pajak terlebih dulu.

"Dikuatkan dulu kapasitas internal dirjen pajak, kemudian database dibangun, baru kesadaran wajib pajak diperbaiki," terangnya.

Dengan sunset policy yang kemarin dilakukan, lanjut Menkeu, dilihat adanya kenaikan yang cukup tinggi, dan langkah kedua, yaitu penggunaan data mulai digunakan. 

Lebih lanjut, Menkeu menerangkan, program tersebut adalah program jangka panjang lima tahunan dan akan dilanjutkan pada pemerintahan selanjutnya.

"Kita upayakan pemerintah selanjutnya untuk mendukung itu, apa yang kita lakukan selama ini adalah fondasi yang baik dan kuat sehingga visi misi dari presiden mana pun dapat merealisasi program ini," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com