Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menperin Bantah Investasi Apple di Indonesia Batal

Kompas.com - 04/05/2024, 18:38 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan salah satu perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat yakni Apple, tetap berkomitmen untuk merealisasikan investasinya di Indonesia.

Agus mengatakan, hal tersebut bisa dibuktikan dengan adanya rencana pembangunan Apple Developer Academy keempat yang akan dibangun di Bali.

"Apple jalan dong, kan mereka akan bangun akademi keempat," kata Agus ditemui di Jakarta, Jumat (3/5/2024) dikutip dari Antara.

Baca juga: Ekonom: Investasi Apple dan Microsoft Bisa Jadi Peluang RI Tingkatkan Partisipasi di Rantai Pasok Global

Agus mengatakan, khusus untuk Apple, pemerintah menerapkan penghitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang berbeda dengan sektor lainnya.

Ia mengatakan, penghitungan tersebut berdasarkan nilai investasi yang sudah diberikan oleh perusahaan teknologi raksasa itu terhadap ekonomi Indonesia.

Adapun saat ini rencana realisasi investasi Apple di Tanah Air menyentuh angka Rp 1,6 triliun.

"Sudah mendekati Rp1,6 triliun, tapi itu pun bagi saya enggak cukup, belum cukup, belum cukup," kata dia.

Sebelumnya, CEO Apple Tim Cook bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, pada 17 April 2024, dan menyatakan komitmen Apple untuk berinvestasi di Indonesia.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, yang mendampingi Presiden Jokowi saat pertemuan dengan Tim Cook, mengatakan bahwa Apple telah meneken perjanjian investasi terbaru senilai Rp 1,6 triliun.

Investasi itu digunakan untuk membangun infrastruktur pendidikan lewat program Apple Developer Academy keempat yang berlokasi di Bali.

Lokasi teranyar ini merupakan tambahan dari tiga Apple Developer Academy yang sudah ada sebelumnya, yakni di Tangerang Selatan, Batam, dan Surabaya.

Baca juga: Apple hingga Microsoft Investasi di RI, Pengamat: Jangan Sampai Kita Hanya Dijadikan Pasar

Akan tetapi, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadila mengatakan, sampai saat ini, pihaknya belum menerima konfirmasi dari Apple terkait permohonan maupun perizinan investasi.

Namun, bukan berarti Apple batal merealisasikan investasi yang dijanjikan di Indonesia. Sebab, bisa saja komitmen Apple sudah disampaikan ke kementerian teknis lain.

"Jujur saja sampai dengan sekarang belum ada komunikasi ke pihak kami. Mungkin komitmen sudah sampai kepada Presiden tapi tindakan juga belum. Biasanya ini Kemenkominfo ya," ujar Bahlil, saat konferensi pers di Jakarta, pada 29 April 2024.

Baca juga: [KLARIFIKASI] Menkominfo Bantah Apple Batal Investasi Rp 1,6 Triliun di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com