Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 Januari, Harga Premium di APMS Bakal Sama

Kompas.com - 23/12/2009, 07:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Mulai tanggal 1 Januari 2010, PT Pertamina (Persero) akan memberlakukan harga jual premium di agen premium, minyak, dan solar (APMS) di wilayah Remote, yakni Rp 4.500 per liter. Pasalnya, selama ini, harga BBM di APMS di beberapa wilayah lebih tinggi ketimbang harga premium yang dijual di SPBU.

"Untuk ongkos kirimnya akan ditanggung oleh APBN," ujar Deputi Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina (Persero) Hanung Budya, Selasa (22/12/2009).

Selama ini, yang berhak menetapkan harga BBM di APMS adalah pemerintah daerah. Adapun biaya distribusinya ditanggung oleh konsumen. Jadi, untuk wilayah yang lokasinya jauh dari SPBU, harga BBM untuk premium bisa lebih dari lima kali lipat harga aslinya. Misalnya, di wilayah Puncak Jayawijaya, harga premium bisa mencapai Rp 35.000 per liter. "Memang ada beberapa pemda yang memberikan subsidi untuk daerahnya, tapi kan tidak semua," ujar Hanung.

Menurut Hanung, dengan pemerintah menanggung ongkos distribusi ini akan memberikan rasa keadilan untuk semua kalangan masyarakat di Indonesia. Nantinya, kebijakan ini tidak akan menimbulkan masalah karena semua ongkos sudah diperhitungkan dengan matang dan sudah dianggarkan dalam APBN 2010. Bahkan, Pertamina sudah melakukan uji coba selama satu bulan di 25 APMS untuk lima area wilayah.

"Jadi, pada saat uji coba tersebut, antara 15 November dan 15 Desember 2009, kami berlakukan harga perpres dengan tanggungan biaya Pertamina," kata Hanung. Hasilnya, di semua lokasi uji coba itu terjadi peningkatan volume BBM.

Pertamina menghitung, jika ini berlaku pada 2010, kemungkinan penjualan BBM di seluruh wilayah APMS akan meningkat 50 persen hingga 100 persen. Saat ini, total keseluruhan APMS di seluruh wilayah Indonesia mencapai 582 APMS. (Fitri Nur Arifenie/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com