PT KA Ibarat "Kalah Sebelum Berperang"

Kompas.com - 26/04/2010, 17:30 WIB
Editorwah

JAKARTA, KOMPAS.com - Respon masyarakat yang menyayangkan penutupan operasional KA Parahyangan masih terus bermunculan. Pecinta kereta api, sekaligus founder www.semboyan35.com, Hedwig mengatakan, alasan PT KA bahwa KA Parahyangan kalah saingan dengan travel tak bisa diterima begitu saja.

"Kita sih sebenarnya menyayangkan kenapa PT Kereta Api menutup KA Parahyangan, padahal kereta itu punya history. Kami kira bukan alasan kalau dikatakan karena kalah dari travel," kata Hedwig yang akan mengikuti "Farewell Trip Parahyangan", di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (26/4/2010) sore.

Menurutnya, alasan tersebut justru terkesan PT KA tak siap bersaing dengan moda transportasi darat lainnya. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan, lanjut Hedwig, dengan mengurangi jadwal kereta tanpa harus "membunuh" operasionalnya. "Misal, ada jam yang sepi, ya jadwal dikurangi. Kalau sekarang, seolah kalah sebelum berperang," ujarnya.

Hadirnya travel yang semakin menjamur dinilai menjadi tantangan sendiri bagi PT KA untuk bersaing secara kompetitif. Sebab, pada saat-saat tertentu moda transportasi seperti travel juga tak selalu ramai penumpang. "Kalau takut dengan jalan tol, sekarang ini juga lagi dibangun tol trans Jawa, bisa mati kereta. Bagaimana disiasati agar menjadi angkutan yang massal dan murah," katanya.

Padahal, menurutnya KA juga punya keunggulan yang tidak akan pernah macet sampai kapanpun. Berbeda dengan jalan tol yang semakin lama diyakini akan mengalami kepadatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.