Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Pengkaji Harga Elpiji Dibentuk

Kompas.com - 31/08/2010, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana pemerintah menyesuaikan harga LPG 3 kg dan 12 kg terus bergulir. Kali ini pemerintah membentuk tim mengkaji penghapusan disparitas harga LPG 3 kg dan 12 kg.

Menurut Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono, tim itu mengkaji tiga kategori meliputi teknis sasaran penerima bantuan (targeted group) dan mekanisme. "Tim ini melibatkan Pertamina dan sejumlah lembaga," kata Agung di kantor Kepresidenan, Senin (30/8/2010).

Selain Pertamina, tim beranggotakan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Bersama Pertamina, Agung menambahkan, BPPT mengkaji masalah teknis penghapusan disparitas harga.

Kemudian, ada juga Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), serta PT Pos Indonesia yang semuanya akan bertugas mengkaji mekanisme pemberian dan sasaran penerima bantuan langsung.

Agung memastikan pemberian bantuan langsung akan dilakukan karena tidak ada pilihan lain menekan pengoplosan kecuali dengan menghilangkan disparitas harga. "Kalau pilihannya harus menaikkan 3 kg disesuaikan dengan 12 kg, pemerintah akan memberikan subsidi berupa bantuan langsung," kata mantan Ketua DPR itu. Namun, ketua tim pengamanan LPG 3 kg itu enggan mengungkap kapan pemerintah akan memutuskannya. (Hans Henricus/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com