Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TPPI Tuban Berharap 400 Juta Dollar AS

Kompas.com - 20/05/2011, 03:59 WIB

Jakarta, Kompas - Masalah keuangan yang membebani PT Trans Pacific Petrochemical Indotama Tuban mulai dituntaskan. Tidak hanya mendapatkan pinjaman senilai 1 miliar dollar AS dari Deustche Bank, tetapi juga dijanjikan memperoleh tambahan modal kerja sebesar 400 juta dollar AS atau sekitar Rp 3,42 triliun dari bank yang sama. Namun, tambahan modal kerja hanya akan diberikan jika pasokan gas alam cair dari TPPI ke Pertamina sebanyak 250.000 ton direalisasikan.

”Ini adalah rangkaian penyelesaian yang sangat lama, sejak TPPI dibangun tahun 1994, lalu berhenti karena krisis moneter pada 1998, dan dimulai kembali operasinya pada 2006. Sekarang seluruh utang akan terbayar plus ada modal kerja yang memang dibutuhkan untuk menggerakkan kembali industri petrokimia ini,” ujar Presiden Direktur PT TPPI Amir Sambodo di Jakarta, Kamis (19/5).

Menurut Amir, pihak Deustche Bank menandatangani kesepakatan pinjaman dan pembayaran dana untuk melunasi utang PT TPPI sebesar 1 miliar dollar AS pada 19 Mei 2011. Sebelumnya, semua pihak yang terkait utang dengan PT TPPI sudah lebih dahulu menandatangani perjanjian penyelesaian utang tersebut, yakni PT Pertamina, Badan Pelaksana Hulu Minyak dan Gas (BP Migas), dan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA).

Dengan cairnya dana dari Deustche Bank, semua utang TPPI kepada Pertamina, BP Migas, dan PPA akan dibayar lunas. Total pembayaran utang adalah sekitar 600 juta dollar AS atau sekitar Rp 5,13 triliun. Adapun 400 juta dollar AS (sekitar Rp 3,42 triliun) selebihnya akan digunakan sebagai modal kerja. (OIN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com