Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eropa Larang "Short Selling"

Kompas.com - 12/08/2011, 10:25 WIB

PARIS, KOMPAS.com-  Perancis, Spanyol, Italia, dan Belgia melarang short selling mulai penutupan perdagangan Kamis (10/8/2011). Larangan ini dimaksudkan untuk menjaga agar pasar tidak terlalu bergejolak.

Pada perdagangan Rabu sebelumnya, saham-saham perbankan Eropa seperti Sociate Generale terempas hingga turun 20 persen. Rumor yang merebak, perbankan Perancis dan Eropa umumnya memiliki banyak eksposur terhadap obligasi Yunani sehingga akan memengaruhi kinerja serta meningkatkan risiko bank itu sendiri.

Short selling merupakan tindakan menjual saham tanpa memiliki saham atau dapat juga menjual saham dengan meminjam saham milik orang lain. Para penjual saham ini berasumsi pasar akan terus turun sehingga mereka dapat membeli saham pada harga yang lebih rendah dibandingkan dengan harga saham yang mereka jual.

"Short selling memang dapat menjadi strategi perdagangan saham, tetapi ketika digunakan dengan menyebarkan rumor yang tidak benar, jelas merupakan pelanggaran," demikian pernyataan dari otoritas pasar modal Eropa, European Securities and Markets Authority. Panjangnya larangan serta rincian lain diatur oleh masing-masing negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com