Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Siapkan Pengendalian BBM dengan Teknologi

Kompas.com - 15/09/2011, 13:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengakui pengawasan dan pengendalian bahan bakar minyak (BBM) subsidi belum ampuh. Buktinya, per 31 Agutus lalu, konsumsi BBM subsidi sudah melebihi kuota yang ditetapkan yakni sebesar 27 juta kiloliter.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menuding, penyebab kenaikan konsumsi BBM subsidi ini akibat mudik Lebaran 2011. Nah, untuk empat bulan mendatang, Hatta berjanji mengoptimalkan pengendalian BBM subsidi. "Ada kebijakan nantinya pengawasan yang baik itu melalui teknologi," kata Hatta, Kamis (15/9/2011).

Sayangnya, Hatta masih enggan membeberkan kebijakan pengendalian BBM dengan menggunakan teknologi ini. Ia hanya bilang penerapan pengendalian kuota BBM dengan menggunakan teknologi harus dimulai tahun ini. "Uji coba sudah berjalan dan cukup bagus. Pemerintah daerah harus dilibatkan," ungkapnya.

Hatta berharap, penggunaan teknologi ini juga bisa diterapkan untuk pengawasan dan pengendalian konsumsi tahun depan. Dia mengatakan, sistem pengendalian tertutup harus dilakukan. Asal tahu saja, pada 2012 mendatang, pemerintah mematok kuota BBM subsidi sebesar 40 juta kiloliter. (Herlina KD/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com