Kompas.com - 04/08/2012, 15:22 WIB
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta, mengatakan bahwa mobil listrik ditargetkan sudah bisa diproduksi tahun 2018.

"Bus listrik kemarin sudah ada prototipe risetnya. Nanti diharapkan bisa dikembangkan prototipe produksinya. Bisa dipercepat itu, sebelum tahun 2018 sudah bisa diproduksi," kata Gusti.

Gusti mengatakan bahwa dalam pengembangan teknologi listrik, Indonesia sudah cukup bagus namun masih perlu meningkatkan.

"Kalau soal motor, Indonesia sudah level 7. Kalau mobil listrik kita baru level 5. Ada 9 level," papar Gusti dalam konferensi pers Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, Jumat (3/8/2012).

Menurut Gusti, ada lima teknologi kunci dalam pengembangan mobil listrik antara lain desain, propulsi, transmisi, baterai dan charging.

"Propulsi dan transmisi masih banyak impornya. baterai juga impor tapi internasional pun pengembangannya masih minim. Charging, kita 100 persen dalam negeri. Energi untuk charging ini kita sudah siap," jelas Gusti.

Soal pengembangan baterai, Gusti mengatakan, "Kita masih akan terus melakukan penelitian."

Dalam Karnaval Kreatifitas Iptek yang diadakan dalam rangkaian peringatan Hakteknas di Bandung, Bus Listrik hasil pengembangan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan turut dipertunjukkan kebolehannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.