Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sektor Konsumen AS Masih Cemerlang

Kompas.com - 14/03/2013, 09:01 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Penjualan ritel di Amerika Serikat naik lebih dari perkiraan di bulan Februari seiring masyarakat AS membeli kendaraan bermotor dan barang-barang lainnya kendati mahalnya harga bahan bakar. Bursa saham di negeri itu pun terangkat pada perdagangan Rabu (13/3/2013) waktu setempat.

Menurut riset Monex Investindo Futures, naiknya penjualan ritel itu menandakan tingkat belanja konsumen kuartal ini akan tetap kokoh meski ada kenaikan pajak.

Laporan dari Departemen Perdagangan menunjukkan penjualan ritel naik 1,1 persen. Hal itu merupakan kenaikan terbesar sejak September, menyusul revisi kenaikan sebesar 0,2 persen untuk bulan Januari. Ekonom memperkirakan kenaikan sebesar 0,5 persen setelah naik 0,1 persen di bulan Januari.

Bursa saham AS mencetak kenaikan tipis pada hari Rabu. Indeks Dow Jones reli selama sembilan sesi berturut-turut untuk pertama kalinya sejak November 1996 dan S&P 500 berada dekat level penutupan tertinggi sepanjang masa. Indeks S&P 500 dan Nasdaq juga berhasil mengembalikan penurunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com