Kompas.com - 03/04/2013, 09:21 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Ekonom Bank Danamon Anton Gunawan mengatakan, kembali defisitnya neraca perdagangan RI menyebabkan nilai tukar rupiah terkoreksi.

"Tekanan impor migas yang terus meningkat, membuat neraca perdagangan kembali defisit. Hal ini juga menyebabkan neraca pembayaran tertekan dan mempengaruhi nilai tukar rupiah," kata Anton di Jakarta, Rabu (3/4/2013).

Anton mengatakan, nilai tukar rupiah sempat anjlok ke level Rp 9.735 per dollar AS setelah Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data neraca perdagangan RI selama Februari 2013. Bahkan berdasarkan nilai kurs tengah Bank Indonesia (BI) di perdagangan kemarin, Selasa (2/4/2013) juga melemah ke Rp 9.737 per dollar AS.

Anton menyebutkan, nilai tukar yang sedikit melemah itu juga disebabkan oleh rilis data inflasi Maret 2013 yang lebih tinggi dari perkiraan analis. Konsesi analis semula hanya memperkirakan inflasi Maret 2013 hanya 0,38 persen. Namun kenyataannya melonjak hingga 0,63 persen. Namun untuk inflasi inti tahunan sedikit lebih rendah dibanding konsesi analis yaitu 4,21 persen dibanding konsesi 4,28 persen.

"Meski neraca perdagangan masih defisit, kami mengharapkan ada perbaikan neraca perdagangan di masa mendatang," tambahnya.

Ia memerkirakan rupiah akan sedikit menguat di akhir tahun ini menjadi di level Rp 9.502 per dollar AS. Namun untuk jangka pendek, mata uang RI diperkirakan masih akan bergerak di level Rp 9.600-9.700 per dollar AS..

Anton menduga, pelemahan rupiah ini memang disengaja oleh bank sentral untuk melemahkan impor. Bagaimanapun, bank sentral akan tetap berada di pasar untuk menjaga nilai tukar rupiah saat kondisi terus melemah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.