Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulog Siap Pasok Kebutuhan Pangan di IKN

Kompas.com - 25/04/2024, 21:42 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi mengatakan, pihaknya siap memasok kebutuhan pangan di Ibu Kota Nusantara (IKN) ketika ibu kota tersebut mulai beroperasi pada Agustus mendatang.

"Jadi kalau untuk pemasok IKN yang kita bayangkan bahwa yang menetap di IKN pada bulan Agustus nanti, mungkin 20.000 sampai 30.000 orang, untuk jumlah itu sama sekali tidak ada masalah," kata Bayu dalam acara Halal Bihalal di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Bayu mengatakan, Bulog memiliki gudang yang bisa ditempuh sekitar dua sampai tiga jam dari IKN. Bulog, kata dia, hanya akan membangun kantor di IKN. Sebab, lahan yang tersedia relatif kecil.

Baca juga: Program Makan Siang Gratis Butuh 6,7 Ton Beras Per Tahun, Bulog Tunggu Arahan Pemerintah

Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Bayu Krisnamurthi Dok. Bulog Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Bayu Krisnamurthi

"Bulog ada, sudah siap, sudah punya tapak untuk bangun kantor di IKN, tapi lahannya relatif kecil mungkin kantor dan gudang yang pas," ujarnya.

Upacara 17 Agustus di IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya mengatakan, persiapan pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah detail. Jokowi mengungkapkan, secara fisik persiapan itu tidak ada masalah.

"Jadi fisiknya enggak ada masalah sampai hari ini. Kemudian, acara sudah dirancang kapasitas berapa, acaranya apa, sudah sedetil itu di Januari, sudah hampir final," kata Jokowi kepada wartawan di IKN, Kamis (29/2/2024), sebagaimana dilansir YouTube Sekretariat Presiden.

Kendati begitu, dia meminta perihal rinci persiapan 17 Agustus 2024 ditanyakan kepada menteri terkait.

Baca juga: Bulog Siap Jadi Pembeli Gabah dari Sawah Hasil Teknologi Padi China

Menteri yang dimaksud adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

"Tanya ke ke menteri PU, ke kepala otorita IKN. Enggak ada masalah," ujar Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com