Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertanian Masih Jadi Polemik di WTO

Kompas.com - 08/05/2013, 21:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menilai perundingan sektor pertanian dalam pertemuan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) di Bali, Desember mendatang masih menjadi hal yang pelik karena belum muncul keluwesan sikap di kutub negara maju maupun berkembang.

"Paket pertanian ini masih pelik. Negara maju dan berkembang serta miskin belum berpandangan sepadan dalam sektor ini. Ini yang harus disepadankan. PR kita masih banyak," katanya kepada wartawan di ruang kerjanya di Jakarta, Rabu (8/5/2013).

Saat diitanya apakah dalam pertemuan mendatang semua pihak akan luwes atau fleksibel sehingga pertemuan itu akan sukses, Gita hanya mengatakan semoga semua pihak berniat baik.

Dalam pertemuan WTO mendatang, kata Gita, Indonesia telah menunjukkan sikap dalam sejumlah pembicaraan seperti dalam masalah fasilitas perdagangan, paket untuk negara-negara miskin dan paket pertanian.

Dalam masalah fasilitas perdagangan, semua negara berkembang bersedia memperbaiki kepabeanannya dengan melaksanakan sejumlah sistem untuk itu. Namun, untuk sejumlah negara kesediaan itu masih membutuhkan bantuan keuangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com