Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bintangi Iklan Layanan Masyarakat, Gita Mengaku Tidak Dibayar

Kompas.com - 26/09/2013, 15:02 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perdagangan Gita Wirjawan Irawan mengaku tidak menerima bayaran alias cuma-cuma saat menjadi bintang iklan layanan masyarakat Kementerian Perdagangan. Peserta konvensi Partai Demokrat itu menegaskan iklan-iklan semacam itu sudah ada sebelum Gita menjabat sebagai menteri, dan bahkan lebih agresif.

"Bahkan menggunakan model yang biayanya lebih besar dibanding pakai saya, enggak bayar sama sekali," aku Gita saat bincang-bincang bersama wartawan di kantornya di Jakarta, Kamis (26/9/2013).

Terkait dengan keberatan banyak pihak dan tudingan memanfaatkan momentum kampanye, Gita mengklarifikasi. "Saya sudah mengeluarkan statement kalau memang ada secara etika perlu disikapi. Kita sangat siap untuk mengambil sikap, untuk mengubah apa pun yang harus kita lakukan selama sesuai dengan peraturan," ujarnya.

Ia pun mengklaim selama menjabat sebagai menteri perdagangan, ia tidak pernah melakukan kampanye atau berbicara ke publik di luar kapasitasnya sebagai menteri. "Kecuali ketika saya ngurusin badminton, atau temen ngajak ngobrol musik, saya bener-bener suka banget musik (tidak berbicara sebagai seorang menteri)," ucap Gita.

Dalam sepekan terakhir, keterlibatan Gita Wirjawan sebagai bintang iklan Kementerian Perdagangan di berbagai media dipersoalkan banyak pihak. Hal itu karena Gita tengah mengikuti Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat, yang mengharuskan untuk "menjual" diri kepada publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com