Tips Beli ORI: Ingat Prinsip "Buy Low Sell High"

Kompas.com - 30/09/2013, 20:07 WIB
Ilustrasi ORI LASTI KURNIAIlustrasi ORI
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Obligasi Ritel Indonesia seri 10 (ORI 010) dianggap produk investasi yang menarik karena menawarkan imbal hasil yang tinggi, yakni dengan kupon 8,5 persen. Nantinya, harga jual ORI 010 di pasar sekunder akan menarik jika inflasi tahun depan sesuai yang ditargetkan pemerintah sebesar 6 persen.

Agung Galih Satwiko, Kasubdit Pengelolaan Portofolio SUN Direkotrat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan, mengakui, harga ORI 010 di pasar sekunder dapat naik jika inflasi pada tahun depan turun sesuai yang ditargetkan pemerintah.

Agung  menjelaskan, jika inflasi tahun depan tinggi sehingga harga ORI 010 dapat jatuh, masyarakat diimbau tidak perlu panik untuk segera langsung menjualnya.

"Prinsipnya itu kan buy low, sell high. Jangan buy high, sell low," ujar Agung saat temu media di Gedung Bursa Efek Indonesia, Senin (30/9/2013).

Agung pun mencontohkan produk ORI 005 yang diluncurkan pada September 2008 silam. Usai ORI 005 dicatatkan di pasar sekunder, produk tersebut sempat jatuh di harga 74,63 persen (dari harga beli) pada 28 Oktober 2013. Namun, setelah itu, harga ORI 005 di pasar sekunder perlahan naik.

"Bahkan, harga jual ORI 005 sempat menyentuh 110 persen (dari harga jual) di rentang waktu November 2010 sampai Januari 2011," kata Agung.

Dia mengatakan, jika ada yang sempat membeli saat harga jatuh pada November 2008 dan menjual kembali pada November 2010, investor tersebut pasti akan mendapatkan untung besar. (Oginawa R Prayogo)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Kontan
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X